Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 20:58 WIB | Selasa, 24 Maret 2015

Pidato Lengkap Presiden Prancis tentang Jatuhnya Pesawat Germanwings

Sebuah pesawat Germanwings A320 (Foto: Alamy? The Daily Telegraph)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Otoritas Penerbangan Prancis hari ini mengumumkan sebuah pesawat terbang jenis Airbus A320 milik maskapai penerbangan murah, Germanwings, jatuh di kawasan pegunungan Alpen, antara Barcelonnette dan Digne.

Pesawat tersebut sedang dalam perjalanan dari Barcelona, Spanyol, menuju ke Dusseldorf, Jerman. Di dalamnya terdapat  142 penumpang dua orang pilot dan empat pramugari.

Berita pertama kali tentang jatuhnya pesawat ini muncul sekitar pukul 10:47 waktu setempat hari ini. Otoritas Penerbangan Prancis mengkonfirmasi pesawat hilang dari radar pada perjalanan dari Barcelona ke Dusseldorf.

Kecelakaan pesawat kali ini merupakan yang paling parah yang pernah terjadi di Prancis, semenjak kecelakaan pada 1 Desember 1981 ketika sebuah pesawat McDonnell Douglas DC-9-81 jatuh di Corsica, menyebabkan 180 orang meninggal.

Tidak sampai dua jam setelah berita pertama kecelakaan itu muncul, Presiden Prancis, Francois Hollande berpidato di televisi, didampingi oleh Raja Spanyol Felipe dan Ratu Letiza, yang tengah mengadakan kunjungan ke Prancis.

"Kondisi dari kecelakaan, yang belum diklarifikasi, mengarahkan kita untuk berpikir bahwa tidak ada yang selamat," kata Hollande, sebagaimana dikutip oleh The Daily Telegraph.

Berikut ini pidato lengkap Presiden Hollande:

Sebuah kecelakaan yang mengerikan telah terjadi di wilayah Prancis. Sebuah kecelakaan telah terjadi, dalam keadaan yang belum jelas.

Di antara para korban banyak warga Spanyol; Saya ingin menyampaikan belasungkawa mendalam saya kepada Raja Spanyol, istrinya, Perdana Menteri Rajoy dan rakyat Spanyol.

Saya tahu ada korban lain - terutama warga Turki dan Jerman. Saya tidak berpikir ada korban orang Prancis, tapi kami tidak yakin.

Kami ingin menyampaikan belasungkawa yang paling tulus.

Saya mengerti sepenuhnya keputusan Raja Spanyol [untuk memperpendek kunjungannya ke Prancis], diambil setelah diskusi dengan perdana menteri dan saya sendiri. Saya ingin mengkonfirmasi bahwa kita melakukan segala kemungkinan untuk mencari tahu apa yang terjadi.

Kecelakaan itu terjadi di tempat yang sangat sulit, dan  tidak akan mungkin untuk tiba di sana dalam beberapa jam.

Saya ingin berterima kasih kepada semua petugas keamanan untuk usaha mereka.

Menteri Dalam Negeri, Bernard Caseneuve, dan Menteri Lingkungan, Segolene Royal, akan melakukan perjalanan ke lokasi dengan Menteri Transportasi.

Saya mengerti bahwa menteri-menteri dari Jerman dan Spanyol juga akan berada di sana.

Saya sudah berbicara dengan Kanselir Merkel, yang sangat tersentuh.

Kami adalah teman yang sangat dekat dengan Spanyol.

Ini adalah kunjungan kenegaraan pertama Raja ke negara Eropa. Dan kami berterima kasih kepadanya untuk itu.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home