Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 22:00 WIB | Rabu, 04 Januari 2017

PM Israel Sebut KTT Paris ‘Sia-sia’

Ilustrasi. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berpidato di kantornya di Yerusalem pada 28 Desember 2016, merespons pidato dari Menteri Luar Negeri AS John Kerry. (Foto: AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa (3/1) menyebut konferensi Timur Tengah di Paris yang digelar pada 15 Januari sebagai hal “sia-sia,” mengatakan dia khawatir keputusan yang diambil di sana akan memicu resolusi baru PBB melawan Israel.

Konferensi yang akan dihadiri sekitar 70 negara tersebut – namun bukan perwakilan Israel atau Palestina – digelar untuk menegaskan kembali dukungan internasional untuk solusi dua negara dalam konflik Israel-Palestina.

“Ini konferensi sia-sia, tapi ada indikasi bahwa akan ada upaya untuk memanfaatkan keputusan yang diambil untuk mendukung resolusi baru PBB melawan Israel,” kata Netanyahu.

Netanyahu, yang juga bertanggung jawab untuk urusan luar negeri, berbicara di sebuah pertemuan tahunan duta Israel untuk negara-negara Eropa.

“Oleh karena usaha politik yang saat ini kami upayakan ditujukan guna menghindari sidang pengambilan suara untuk resolusi baru di Dewan Keamanan PBB,” katanya dalam pernyataan yang disiarkan televisi.

Pada 23 Desember, Dewan Keamanan untuk pertama kalinya sejak 1979 mengecam permukiman Israel di teritorial Palestina yang diduduki, ketika Amerika Serikat (AS) tidak menggunakan vetonya dan memilih abstain. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home