Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 22:17 WIB | Sabtu, 27 Desember 2014

PM Spanyol Janjikan Perekonomian Meningkat pada 2015

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy. (Foto: telegraph.co.uk)

MADRID, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy pada Jumat (26/12) menjanjikan perekonomian negaranya akan kembali “meningkat” pada 2015 namun lawan-lawannya menganggap sikap optimismenya sebagai “hal yang tidak pantas” dengan sebagian besar warga Spanyol masih menderita akibat kebijakan pengurangan.

Setelah kembali ke fase pertumbuhan secara bertahap, “2014 merupakan tahun pemulihan dan 2015 akan menjadi tahun saat perekonomian kita betul-betul meningkat,” kata Rajoy dalam sebuah konferensi pers.

Spanyol secara teknis keluar dari resesi pada 2013 setelah mengalami gejolak ekonomi selama lima tahun namun tingkat pengganguran masih sangat tinggi sebesar 24 persen.

Rajoy mengaitkan pemulihan dengan pengurangan anggaran ketat yang ia sebut penting untuk memperkuat keuangan publik. Namun langkah itu memicu aksi protes populer yang sengit.

Partai sayap kiri baru Podemos yang antipenghematan mengalahkan Popular Party konservatif kubu Rajoy dalam beberapa jajak pendapat menjelang pemilu mendatang yang akan digelar pada November tahun depan.

Rajoy mengatakan Spanyol saat ini menikmati pertumbuhan “solid”, diperkirakan mencapai hingga 1,4 persen pada 2014.

Namun pemimpin kubu oposisi Partai Sosialis (Socialist Party), Pedro Sanchez dalam konferensi akhir tahunnya menegaskan krisis itu belum berakhir untuk masyarakat umum Spanyol.

“Tidak pantas serta tidak adil sebuah pemerintah menyatakan berakhirnya krisis saat terus mengurangi anggaran pendidikan dan kesehatan publik,” kata Sanchez. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home