Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:49 WIB | Jumat, 12 Desember 2014

Raja Spanyol Serukan Persatuan saat Kunjungi Catalunya

Raja Spanyol Felipe VI. (Foto: AFP)

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM - Raja Spanyol Felipe VI pada Kamis (11/12) menyerukan pentingnya persatuan dalam pidato pertamanya di Catalunya sejak wilayah barat laut yang kaya itu menggelar referendum kemerdekaan secara simbolis.

Kami tidak bisa membiarkan pelemahan atau perpecahan saat dunia menuju integrasi yang semakin besar, seraya menunjukkan peningkatan interdependensi yang menentukan masyarakat dan perekonomian kita,” kata raja tersebut dalam pidatonya di hadapan para pengusaha Catalunya di Barcelona.

Raja itu, yang berkuasa pada Juni, juga menanggapi rencana presiden regional Artur Mas, yang saat ini berharap akan menggelar pemilu lebih awal di Catalunya pada 2016 yang berfokus untuk merdeka dari Spanyol.

“Lebih dari yang sebelumnya kita harus menyatukan kekuatan dan strategi kita,” katanya, juga menekankan pentingnya semangat “kerja sama dan solidaritas”.

Dari 2,3 juta warga Catalunya yang berpartisipasi dalam referendum simbolis pada 9 November, sekitar 1,9 juta mendukung kemerdekaan untuk wilayah itu, yang merupakan wilayah berpenduduk 7,5 juta orang dan menyumbang sekitar seperlima dari hasil perekonomian Spanyol.

Mayoritas pemilih antikemerdekaan memilih untuk tinggal di rumah mereka. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home