Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:28 WIB | Senin, 19 Oktober 2015

PM Turki Puji Pendekatan UE terhadap Pengungsi

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu (kanan) berjabat tangan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel sebelum pertemuan mereka di Istanbul, Turki, 18 Oktober 2015. (Foto: dnaindia.com)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu pada hari Minggu (18/10) memuji “pendekatan yang lebih baik” dari Uni Eropa dalam berbagi beban krisis pengungsi, menyusul perundingan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di Istanbul.

“Sayangnya Turki dulu ditinggalkan oleh komunitas internasional dalam berbagi beban. Kami sangat senang ada pendekatan yang lebih baik sekarang. Perkembangan dalam masalah berbagi beban sangatlah penting,” kata Davutoglu.

UE dan Turki saat ini sedang berupaya menyepakati sebuah rencana untuk otoritas Turki mengekang arus masuk imigran sebagai ganti bantuan finansial bagi Ankara.

“Saya yakin kami bisa mencapai hasil yang bagus untuk target ini,” kata Davutoglu.

Dia memuji Merkel karena “tidak menutup mata” terhadap krisis pengungsi.

“Banyak yang bilang pengungsi harus dikirim balik (dari UE). Dia menunjukkan sikap kemanusiaan,” tambahnya.

Merkel mengatakan fakta bahwa Turki berhasil menyelesaikan tugas besar mengurus lebih dari dua juta pengungsi Suriah dengan dana yang relatif kecil menyebabkan “tekanan migrasi” yang berujung pada arus masuk imigran ke Eropa.

“Komunitas internasional sebelumnya tidak banyak membantu Turki sampai sekarang karena kontribusi besar yang mereka berikan,” kata Merkel. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home