Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 17:46 WIB | Selasa, 03 Mei 2016

Polusi Tinggi, Mexico City Larang Kendaraan Berlalu Lalang

Ilustrasi: Pejabat Mexico City mengeluarkan peringatan polusi udara baru pada hari Selasa (3/5) , kendaraan melarang kendaraan berlalu lalang serta industri mengurangi emisi. (Foto: businesstimes.com/AFP)

MEXICO CITY, SATUHARAPAN.COM - Pejabat Mexico City, Senin (2/5), mengeluarkan peringatan polusi udara baru, yang akan membuat 40 persen kendaraan dilarang melintas pada Selasa (3/5), sementara beberapa industri akan dituntut untuk memangkas emisi.

Kabut asap di kota besar berpenduduk lebih dari 20 juta jiwa itu memburuk pada Maret, mendorong pihak berwenang untuk mengeluarkan peringatan pertama dalam satu dekade, dan memberlakukan batasan lalu lintas baru hingga Juni.

Aturan baru itu, akan mengurangi lalu lintas satu dari lima mobil setiap hari. Tetapi, peringatan yang dikeluarkan pada Selasa (3/5) itu akan melipatgandakan larangan. Sekitar 5,5 juta kendaraan berlalu lalang pada hari biasa.

Komisi Lingkungan Megalopolis, yang meliputi otoritas dari ibu kota dan negara bagian sekitar, juga memerintahkan perusahaan semen, kimia, farmasi, minyak dan listrik, untuk mengurangi emisi sebesar 40 persen.

Peringatan tersebut, dikeluarkan setelah tingkat ozon mencapai 161 poin, di atas tingkat 150. Ambang batas tersebut pada bulan lalu diturunkan dari 190 menjadi 150.

Sebelum peringatan kualitas udara baru dikeluarkan, kantor kejaksaan lingkungan (Profepa) memperingatkan, mereka dapat menutup atau menjatuhkan denda terhadap lima perusahaan, yang tidak mengizinkan pihak berwenang untuk memeriksa emisi mereka, di tengah langkah darurat polusi di area Mexico City pada Maret. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home