Loading...
INSPIRASI
Penulis: Trisno S Sutanto 14:24 WIB | Selasa, 15 Oktober 2013

Presiden Termiskin di Dunia

José -Pepe- Mujico di depan rumahnya bersama Manuela (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM -- Anda merasa miskin? Lalu, merasa rendah diri? Tanyakan itu pada José Alberto Mujica Cordano!

Lelaki kelahiran Montevideo 78 tahun lalu itu bukan orang sembarangan. Sejak 1 Maret 2010, José Mujica resmi menjabat sebagai Presiden Uruguay setelah meraup lebih dari 52% suara dan mengalahkan Luis Alberto Lacalle, pesaing beratnya. 

Tetapi yang jauh lebih mencengangkan bukan prestasi politiknya, melainkan gaya hidup sederhananya. Lelaki yang akrab dipanggil “Pepe” itu, seperti ditulis Vladimir Hernandez dalam laporan BBC, bisa dibilang “Presiden termiskin” di dunia. Tempat tinggalnya berupa gubuk sederhana yang hanya dijaga dua polisi dan Manuela, anjing berkaki tiga. Jemuran pakaian pun tergantung di luar, sementara air bersumber dari sumur kecil di ladang.

 “Saya sudah hidup seperti ini hampir sepanjang kehidupan saya,” ujar José “Pepe” Mujica. “Mungkin saya kelihatan seperti pria tua yang eksentrik...tetapi ini adalah pilihan bebas saya.”

Pilihan bebas! Sebab, kalau Pepe mau, ia juga bisa menikmati kekayaan. Konon, sekitar 90% gaji bulanannya sebagai Presiden, kira-kira sebesar 12.000 dolar Amerika, disumbangkan Pepe pada berbagai organisasi amal dan usaha kecil yang bekerja untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya dijuluki ‘Presiden termiskin’, tetapi saya tidak pernah merasa miskin,” kata Pepe. “Orang miskin adalah mereka yang bekerja mati-matian untuk mempertahankan gaya hidup mewah mereka dan selalu ingin lebih. Saya dapat hidup cukup dari apa yang ada sekarang.”

Dan setiap kali ada berita tentang para pejabat yang jadi koruptor, saya selalu teringat pada Pepe dan nasihatnya itu. Muchas gracias!

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home