Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 09:08 WIB | Senin, 05 Oktober 2015

Rekrut Pejuang ISIS, 10 Orang Ditangkap di Spanyol dan Maroko

Ilustrasi seorang perempuan diamankan oleh pihak kepolisian. (Foto: Istimewa)

MADRID, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Dalam Negeri Spanyol mengatakan polisi Spanyol dan Maroko telah menangkap 10 orang yang diduga merekrut warga untuk dijadikan pejuang Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Empat dari 10 tersangka yang terdiri dari dua perempuan dan dua laki-laki ditangkap di Spanyol di daerah Badalona, Toledo dan Valencia, sementara enam orang lainnya ditangkap di Maroko, kata pernyataan resmi Kementerian tersebut.

Kedua perempuan yang ditangkap di Spanyol adalah orang Maroko, sementara yang laki-laki adalah orang Spanyol keturunan Maroko dan orang Portugis yang pindah agama Islam. Semua tersangka diduga merekrut orang-orang untuk berjuang di Suriah dan Irak, kata Kementerian.

Penangkapan tersebut terjadi pada hari Minggu (4/10) dan penyidik juga telah mengamankan beberapa perlengkapan komputer dan data di dalamnya.

Spanyol dan Maroko sebelumnya pernah menggelar operasi serupa pada 25 Agustus yang mengarah pada penangkapan 14 terduga perekrut lainnya.

Eropa kesulitan membendung cepatnya pertumbuhan sel jihad di wilayahnya dan Muslim radikal yang meninggalkan kawasan itu untuk berperang dengan ISIS atau bergabung dengan pemberontak di Irak dan Suriah.

Lebih dari 100 orang dari Spanyol diduga bergabung dengan pejuang jihad di Irak dan Suriah sehingga membuat otoritas khawatir mereka akan kembali untuk melancarkan serangan. (foxnews.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home