Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 17:41 WIB | Senin, 16 November 2015

Reses Berakhir, DPR Siapkan Agenda Kunjungan Luar Negeri

Ketua DPR, Setya Novanto. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia kembali memasuki masa persidangan. Peran diplomasi, akan menjadi salah satu fokus DPR dalam Masa Sidang II Tahun Sidang 2015-2016 ini. DPR telah mengagendakan kunjungan ke sejumlah negara di Benua Asia dan Eropa dalam waktu sebulan ke depan.

DPR dijadwalkan mengirimkan delegasi untuk berpartisipasi pada pertemuan United Nation Climate Change Conference di Paris, Prancis pada 5 sampai 6 Desember 2015. DPR juga akan mengirimkan delegasinya ke The 8th Asian Parliamentary Assembly Plennary Session di Kota Phnom Penh, Kamboja pada 8 hingga 11 Desember 2015.

"Partisipasi DPR di forum internasional tersebut diharapkan dapat memberi kontribusi bagi pencarian solusi atas berbagai permasalahan internasional," kata Ketua DPR, Setya Novanto, dalam pidato pembukaan Masa Sidang II DPR Tahun Sidang 2015-2016 di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, hari Senin (16/11).

Saat masa reses kemarin, dia melanjutkan, DPR sudah menerima kunjungan tamu dari Presiden Italia dan Duta Besar Jepang. DPR juga akan melakukan kunjungan muhibah ke beberapa negara. "Dalam rangka penguatan hubungan bilateral, pemimpin DPR akan melakukan kunjungan muhibah ke Filipina, Belgia, dan Polandia," ucap politikus Golkar ini.

Novanto juga melaporkan, pemimpin DPR sudah melakukan kunjungan ke Jepang saat reses kemarin. Dalam kunjungan tersebut, rombongan bertemu Kaisar Jepang, Perdana Menteri Jepang, serta ketua parlemen.

"Dalam waktu dekat akan ada kunjungan balasan dari parlemen Jepang yang akan disertai dengan sejumlah pengusaha. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya diplomasi parlemen dalam membantu pemerintah," tutur Novanto.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home