Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 21:12 WIB | Selasa, 06 Oktober 2015

RI Siap Setor Rp 3,73 Triliun untuk AIIB

Logo AIIB

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Indonesia menyediakan Rp 3,73 triliun untuk disetorkan kepada Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) yang ditulangpunggungi Tiongkok, tahun depan. Hal ini dikatakan oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (6/10).

Dilansir oleh Reurters, Indonesia telah menyatakan akan memberikan kontribusi US$ 672.100.000  dalam jangka lima tahun untuk modal  AIIB. Dengan setoran itu, Indonesia menjadi pemegang saham terbesar nomor delapan di bank tersebut.

Juni lalu, pemerintah RI menandatangani Artikel Perjanjian (Articles of Agreement) AIIB di Great Hall of the People, Beijing, Tiongkok. Dalam acara penandatanganan itu, Indonesia diwakili langsung oleh Menteri Keuangan RI Bambang PS Brodjonegoro.

Partisipasi Indonesia sebagai anggota calon pendiri dalam AIIB dinilai dapat mendukung program pembangunan Pemerintah Indonesia, khususnya dalam pembangunan di sektor infrastruktur.

Penandatanganan Artikel Perjanjian AIIB itu juga dilakukan oleh 49 negara anggota lainnya, yaitu Australia, Austria, Azerbaijan, Bangladesh, Brasil, Brunei Darussalam, Kamboja, Tiongkok, Mesir, Finlandia, Prancis, Georgia, Jerman, dan Islandia.

Selain itu ada pula India, Iran, Italia, Israel, Yordania, Kazakhstan, Korea Selatan, Kirgistan, Lao PDR, Luxemburg, Maldives, Malta, Mongolia, Myanmar, Nepal, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Oman, Pakistan, Portugal, Qatar, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Spanyol, Sri Lanka, Swedia, Swiss, Tajikistan, Turki, Uni Emirat Arab, Inggris, Uzbekistan, dan Vietnam.

Dengan demikian, masih terdapat tujuh negara dari 57 anggota calon pendiri (prospective founding members) yang belum menandatangani artikel perjanjian tersebut. Namun, artikel perjanjian AIIB itu masih akan terbuka untuk penandatanganan oleh negara-negara yang belum menandatangani sampai akhir tahun 2015.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home