Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:05 WIB | Jumat, 07 Februari 2020

Rumah Sakit di Wuhan Gunakan Robot 5G untuk Pandu Pasien dan Disinfeksi

Robot bertenaga 5G digunakan di dua rumah sakit di Wuhan untuk memandu pasien dan mendisinfeksi area karantina untuk mengurangi infeksi silang. (Foto: malaymail.com)

WUHAN, SATUHARAPAN.COM – Dua rumah sakit di Wuhan, kota yang menjadi pusat wabah corona virus baru, mengerahkan robot bertenaga 5G, untuk memandu pasien dan mendisinfeksi area karantina dalam upaya mengurangi infeksi silang.

Satu robot, yang dibekali dengan layar interaktif, ditempatkan di aula rumah sakit, untuk memberikan panduan diagnosis bagi para pasien dan pengetahuan tentang pencegahan epidemi, demikian menurut China Mobile cabang Hubei dan pabrikan robot CloudMinds, perusahaan yang mengembangkan robot tersebut.

Sementara itu, robot lainnya diprogram untuk membersihkan dan mendisinfeksi lantai di area-area karantina serta mengantarkan obat.

Kedua robot tersebut disumbangkan ke rumah sakit-rumah sakit yang ditunjuk untuk merawat pasien terinfeksi corona virus baru, kata perusahaan itu.

Saat ini, semakin banyak robot yang dikerahkan di garis depan pertempuran China melawan wabah mematikan itu, untuk mengurangi risiko infeksi silang dan meningkatkan efisiensi. Pabrikan robot Siasun dan Institut Otomasi Shenyang di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China juga mengembangkan robot yang dapat menggantikan perawat dalam melakukan tes tenggorokan untuk mendeteksi virus tersebut.  (Xinhua/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home