Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:25 WIB | Senin, 10 Oktober 2016

Rumah Sakit Pendidikan Prioritaskan Layanan Pendidikan

Ilustrasi Rumah Sakit UGM (Foto: rsa.ugm.ac.id)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menristek Dikti, Mohamad Nasir, meminta rumah sakit pendidikan lebih mengutamakan layanan pendidikan untuk para calon dokter, disamping memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat. Dengan begitu, keberadaan rumah sakit bisa mendorong kualitas akademik dan keahlian bagi calon dokter dan dokter spesialis.

"Tidak hanya memberikan layanan masyarakat tapi yang utamanya adalah layanan pendidikan. Tapi kalau ada rumah sakit tapi tidak ada layanan masyarakat, saya kira tidak juga bagus,” kata Menteri saat mengunjungi Rumah Sakit UGM, Jumat (7/10), seperti dilansir situs ugm.ac.id.

Menteri mengingatkan, agar pengelola rumah sakit pendidikan jangan sampai menyulitkan mahasiswa untuk praktik kerja di rumah sakit selama menempuh pendidikan dokter maupun pendidikan dokter spesialis. “Jangan sampai mereka diabaikan untuk mahasiswa dari fakultas kedokteran melakukan kerja klinik di rumah sakit, apalagi mereka kena biaya, bisa jadi konflik antara rumah sakit dengan mahasiswa,” katanya.

Tidak hanya urusan mahasiswa, Menteri juga berpesan agar pasien yang berobat di RS Pendidikan dilayani dengan baik. “Jangan sampai merela terlantar sampai berjam-jam hanya untuk berobat,” katanya

Hingga saat ini, kata Menteri, ada 24 rumah sakit pendidikan di seluruh Indonesia. Namun, baru ada 6 rumah sakit yang sudah beroperasi. “Yang lainnya masih dalam tahap proses pembangunan,” katanya.

Rumah sakit yang dimiliki kampus negeri ini, nantinya akan disinergikan dengan rumah sakit milik Kementerian Kesehatan dan rumah sakit swasta lainnya.

Pihaknya sudah membentuk komite yang bekerja sama antara Kemenristek Dikti dan Kemenkes dalam mengembangkan academic health antar rumah sakit. “Pengelolaan rumah sakit tidak bisa sendiri-sendiri tapi harus saling bersinergi dan berkolaborasi,” katanya.

Dirut Rumah Sakit UGM, Arif Faisal, mengatakan RS UGM merupakan satu-satunya RS yang dimiliki perguruan tinggi negeri yang telah mendapat predikat akreditasi paripurna pada bulan Desember tahun lalu. Kunjungan menteri kali ini, menurut Arif, bertujuan untuk meninjau langsung proyek pembangunan gedung pelayanan dan beberapa ruang pelayanan.

“Menteri juga berkesempatan menandatangani prasasti grand opening RS UGM,” katanya.

Kunjungan Menristek Dikti ke RS UGM kali ini didampingi oleh Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ali Ghufron Mukti, dan Direktur Sarana dan Prasarana, Amir Hamzah. 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home