Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:42 WIB | Jumat, 10 Maret 2017

Sebuah Danau di Australia Berubah Jadi Warna Merah Muda

Ilustrasi: Lake Hillier, danau berwarna merah muda di Pulau Tengah, di Australia Barat. (Foto: dailymail.co.uk)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM – Sebuah danau di Australia berubah warna menjadi merah muda, akibat kadar garam yang ekstrem dan diperparah oleh cuaca panas dalam sebuah fenomena alam yang menyerupai tumpahan cairan beracun.

Kepala ilmuwan konservasi Taman Victoria, Mark Norman, pada Kamis (9/3) mengatakan, peristiwa tersebut terjadi disebabkan ganggang hijau di bagian bawah danau di Westgate Park, pinggiran Melbourne, dalam menanggapi tingkat tinggi kadar garam dan perubahan warna.

“Danau berwarna merah muda tersebut muncul pada musim panas dan akibat dari tanaman bersel tunggal yang dikenal sebagai Dunalliela yang merespons tingkat ekstrem garam di danau itu,” katanya, menambahkan cuaca panas itu membuat garam berkonsentrasi lebih lanjut.

"Ini benar-benar alami. Kami sering mendapatkan komentar bahwa peristiwa itu terlihat seperti kecelakaan industri dari cat merah muda."

Danau tersebut menarik lebih dari 140 spesies burung serta banyak wisatawan yang penasaran, tetapi pemerintah memperingatkan orang-orang untuk menghindari kontak dengan air merah muda itu, meski tidak berbahaya. (AFP/Ant)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home