Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:03 WIB | Selasa, 06 Desember 2016

Segenggam Kacang Sehari Kurangi Risiko Penyakit

Ilustrasi. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa segenggam kacang setiap hari dapat mencegah berbagai penyakit. (Foto: voanews.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Hasil penelitian baru menunjukkan, segenggam kacang, bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan penyakit lain.

Secara khusus, hasil penelitian itu mendapati, setidaknya 20 gram per hari kacang-kacangan bisa mengurangi hampir 30 persen risiko terkena penyakit jantung koroner, 15 persen risiko kanker, dan 22 persen risiko kematian dini.

Peneliti mengatakan, makan kacang juga mengurangi “sekitar separuh” risiko kematian akibat penyakit pernapasan serta mengurangi risiko diabetes hampir 40 persen, meskipun mereka menambahkan, tidak banyak data untuk mendukung efek makan kacang terhadap penyakit-penyakit itu.

Tulisan dalam jurnal BMC Medicine menunjukkan, peneliti pada Imperial College London dan the Norwegian University of Science and Technology, menganalisis 29 kajian sebelumnya dari seluruh dunia mengenai manfaat kacang bagi kesehatan.

Peneliti Dagfinn Aune, dari Imperial College London, mengatakan, “Kami menemukan penurunan konsisten risiko penyakit yang berbeda, yang merupakan indikasi kuat bahwa ada hubungan antara konsumsi kacang dan hasil kesehatan yang berbeda”.

Studi ini mencakup semua jenis kacang-kacangan, seperti hazelnut dan kenari, serta kacang tanah, yang secara teknis kacang-kacangan.

Aune menambahkan kacang-kacangan dan kacang tinggi serat, magnesium, dan lemak tak jenuh ganda adalah nutrisi yang bermanfaat untuk memotong risiko penyakit kardiovaskular dan yang dapat mengurangi kadar kolesterol.

"Beberapa kacang-kacangan, terutama kenari dan kacang pecan, juga tinggi antioksidan, yang dapat melawan stres oksidatif dan mungkin mengurangi risiko kanker (voaindonesia.com/independent.co.uk)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home