Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:35 WIB | Jumat, 16 September 2016

Pemeriksaan Kesehatan Berkala Antisipasi Penyakit Kardiovaskular

Ilustrasi (Foto: blackbuttdoctors.com.au)

SEMARANG, SATUHARAPAN.COM - Pemeriksaan kesehatan berkala menjadi cara penting bagi masyarakat untuk selalu waspada dari ancaman serangan penyakit yang masih menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia, yakni jantung dan stroke.

Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Syahlina Zuhal, dalam keterangan tertulis yang diterima di Semarang, Jumat (16/9), mengatakan pemeriksaan secara rutin tekanan darah dan gula darah diharapkan dapat mengingatkan masyarakat betapa penting menjaga kesehatan tekanan darah dan juga gula darah.

Selain itu, menurut dia, masyarakat diharapkan tetap waspada akan ancaman penyakit kardiovaskular yakni jantung dan stroke yang dapat menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin dan juga usia, dan telah memakan korban sebanyak 17,3 juta jiwa setiap tahun.

“World Heart Federation (WHF) dan anggota-anggotanya, secara serempak menyosialisasikan bahwa paling tidak 80 persen dari kematian dini akibat penyakit kardiovaskuler sebenarnya dapat dicegah bila empat faktor risiko utamanya, yakni merokok, mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, kurang aktivitas fisik, dan konsumsi berlebihan minuman beralkohol dikendalikan,“ katanya lagi.

Presiden Direktur PT Omron Healthcare Indonesia, Kazuhide Kondo, mengatakan, dengan tinggi risiko penyakit kardiovaskular di Indonesia, maka hal yang perlu dilakukan adalah membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin, terutama pemeriksaan tekanan dan gula darah secara rutin.

Masyarakat, menurut dia, seharusnya bisa bertanggung jawab atas kesehatan diri sendiri dengan secara rutin memeriksakan kesehatan sebagai bentuk usaha deteksi dini serangan penyakit kardiovaskular.

Menurut dia, dengan semakin berkembang teknologi kesehatan, pemeriksaan rutin tekanan dan gula darah bahkan dapat dilakukan di rumah dengan hasil yang akurat.

Setelah dengan cepat dapat mendeteksi kondisi tekanan dan gula darah, ia mengatakan lagi, hal selanjutnya yang harus diterapkan masyarakat adalah mengadopsi gaya hidup sehat untuk menjaga tekanan dan gula darah pada level normal.

Pada perayaan Hari Jantung Sedunia 2016, YJI bekerja sama dengan Omron Healthcare Indonesia juga berencana memberikan edukasi kepada masyarakat, mengenai pentingnya pemeriksaan kesehatan berkala untuk kesehatan jantung yang optimal, dengan salah satunya menggelar pemeriksaan tekanan darah dan kesehatan gula darah gratis secara serempak yang akan dilakukan di 15 kota besar di Indonesia pada 25 September 2016. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home