Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 11:26 WIB | Sabtu, 23 Maret 2019

Sir David Attenborough Tampilkan Film Dokumenter Perubahan Iklim

Sir David Attenborough (kanan), broadcaster dokumenter tentang alam dan lingkungan terkenal, ketika bertemu dengan Pangeran William untuk membicarakan masalah perubahan iklim pada Januari 2019. (Foto: MyNorthwest.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Sir David Attenborough, salah satu penyiar dan pencinta alam paling andal di dunia, akan menyajikan film dokumenter baru, yang penting dan mendesak, tentang perubahan iklim, untuk BBC One.

Film satu-kali tayang ini akan fokus pada potensi ancaman terhadap planet kita dan solusi yang mungkin dilakukan.

Broadcaster kenamaan yang menjadi terkenal berkat salah satu tayangannya tentang dokumenter satwa tersebut, mengatakan “kondisi telah berubah jauh lebih cepat” daripada yang pernah ia bayangkan ketika mulai berbicara tentang lingkungan 20 tahun lalu.

Film dokumenter itu akan menunjukkan cuplikan yang menunjukkan dampak pemanasan global.

Ia juga akan menampilkan wawancara dengan ahli iklim dan meteorologi untuk menggali pengetahuan di balik kondisi cuaca ekstrem baru-baru ini, termasuk kebakaran hutan California pada November 2018.

Desember lalu, Sir David menyebut perubahan iklim sebagai “ancaman terbesar umat manusia dalam ribuan tahun ini” pada upacara pembukaan konferensi perubahan iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Ia mengatakan itu dapat menyebabkan runtuhnya peradaban dan kepunahan “sebagian besar isi alam ini”.

Awal tahun ini ia berbicara kepada Pangeran William di Forum Ekonomi Dunia tentang bagaimana orang harus peduli, menghormati, dan merawat alam ini.

Sir David Attenborough, 92 tahun, mengemukakan bahwa ketika ia memulai kariernya pada pertengahan 1950-an, tidak pernah terlintas dalam pikirannya ada orang yang berpikir “akan ada bahaya bahwa kita dapat memusnahkan bagian dari isi alam ini.”

“Mungkin terdengar menakutkan, tetapi bukti ilmiah menyebutkan jika kita tidak mengambil tindakan dramatis dalam dekade berikutnya, kita dapat menghadapi kerusakan yang tidak dapat diubah terhadap alam ini dan keruntuhan masyarakat kita,” kata penulis buku Adventures of a Young Naturalist: The Zoo Quest Expeditions itu, dalam film dokumenter barunya.

BBC mengatakan film itu akan “menampilkan hasil eksplorasi yang tak terbantahkan tentang apa arti tingkat berbahaya perubahan iklim bagi populasi manusia.”

“Ada keingintahuan yang besar dari audiensi untuk mencari tahu lebih banyak tentang perubahan iklim dan memahami fakta,” kata Charlotte Moore, direktur konten BBC.

“Kami mempercayakannya kepada Sir David Attenborough, yang akan berbicara tentang masalah-masalah yang ditimbulkan perubahan iklim itu, dan menyajikan pandangan yang menarik dan informatif pada salah satu masalah terbesar di zaman kita.” (bbc.com)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home