Loading...
SAINS
Penulis: Martahan Lumban Gaol 16:35 WIB | Senin, 14 April 2014

Sosok Jokowi Masuk Soal UN SMA

Nama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo masuk dalam soal Ujian Nasional 2014 yang diselenggarakan hari ini, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. (Foto: twitter.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Nama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), masuk dalam beberapa soal Ujian Nasional (UN) 2014 tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat yang diselenggarakan hari ini, Senin (14/4).

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, terselip biografi Jokowi dan pertanyaan yang berhubungan dengan biografi tersebut. Dalam Biografi yang terdiri dari dua paragraf tersebut menceritakan sosok Jokowi dari tempat dan tanggal lahirnya, tempat Jokowi menuntut ilmu di tingkat Universitas, kegiatan sehari-hari Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta yang gemar “blusukan”, hingga pengaruhnya dalam penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta sebesar 2,2 juta rupiah.

Kemudian, di bawah wacana tersebut muncul beberapa pertanyaan, dimana salah satu pertanyaannya berbunyi, “Keteladanan Jokowi pada kutipan wacana tersebut adalah...”

Menanggapi hal tersebut, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Prof. Dr. Edy Baskoro, mengatakan seharusnya tidak ada soal mengenai politik praktis pada soal UN.

"Semestinya tidak ada soal mengenai Jokowi itu," ucap Edy, di Jakarta, pada Senin (14/4).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, mengatakan akan segera melakukan peninjauan terlebih dahulu pada hal tersebut.

"Nanti saja komentarnya, kami akan cek dulu," ucap Mendikbud, seperti dilansir Antara.

UN tingkat SMA dan sederajat berlangsung mulai Senin (14/4) hingga Rabu (16/4). Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama adalah Bahasa Indonesia, kemudiaan dilanjutkan mata pelajaran Biologi untuk pelajar jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta Geografi bagi pelajar jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Sebelumnya, saat Ujian Akhir Sekolah (UAS) SMA di Tangerang muncul nama salah satu peserta Pemilu 2014, Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dalam soal ujian tersebut, nama PKS menjadi salah satu jawaban dari soal mata pelajaran IPS. (Ant/twitter.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home