Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 20:15 WIB | Jumat, 03 Juli 2015

Syafii Maarif: Korupsi Sudah Gerogoti Konsep Trias Politica

Ahmad Syafii Maarif. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif mengatakan masalah yang dihadapi Indonesia sangat berat. Oleh karena itu, dia berharap seluruh pemangku kepentingan, mulai dari Pemrintah hingga elite partai politik bisa menemukan jalan keluar.

“Saya harap bangsa ini bisa bertahan satu hari sebelum kiamat, itu hanya bisa kalau para pemangku kepentingan bisa menjadi manusia siuman, maksudnya siuman dari pingsan secara moral,” ujar sosok yang akrab disapa Buya itu dalam acara Peluncuran dan Diskusi Buku ‘Muazin Bangsa dari Makkah Darat’ di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Selatan, Jumat (3/7)‎.

Menurut dia, masalah palng mengkhawitirkan adalah kejahatan korupsi yang semakin menggurita. Penanganannya kian sulit, karena korupsi menggerogoti konsep pemerintahan yang dianut Indonesia Trias Politica.

“Penanganan korupsi menjadi sulit karena korupsi telah menggerogoti eksekutif, legislatif, dan yudikatif,” kata Buya.

Dia juga mengungkapkan, kekhawatirannya semakin menjadi setelah berbincang dengan Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu di Istana Kepresidenan, Jakarta. Dalam kesempatan itu, kata Buya, Jokowi membeberkan aksi mafia minyak dan gas (migas) yang dilakukan oknum dari dalam dan luar negeri.

"Luar biasa sekali, anak-anak bangsa ini kok mau menghancurkan bangsanya sendiri dari dalam," tutur Buya.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home