Loading...
INSPIRASI
Penulis: Citra Dewi 09:20 WIB | Jumat, 07 April 2017

Tak Ada yang Gratis, Kecuali Anugerah Tuhan

Bersyukurlah!
Tuhan memelihara (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – ”Kamu harus membayar untuk segala sesuatu di dunia ini, dengan cara apa pun. Tidak ada yang gratis, kecuali anugerah Tuhan.” Penggalan kalimat ini saya kutip dari film ”True Grit”. Tentu kita semua sepakat, tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak pernah melakukan kesalahan. Ketika bercermin dan berintrospeksi diri, saya makin menyadari betapa saya sangat memerlukan anugerah Tuhan.

Dalam Kitab Mazmur dikatakan bahwa rahmat atau anugerah Tuhan sudah ada sejak purbakala, dan Kitab Ratapan menyatakan bahwa rahmat Tuhan tidak ada habis-habisnya, selalu baru tiap pagi. Kebenaran ini amat menyejukkan hati dan memberikan kelegaan. Apa jadinya saya tanpa anugerah Tuhan? Mungkin saya akan terus-menerus hidup di dalam kesalahan.

”Semua hanya karena anugerah” kata seorang pendeta yang sepertinya merasa pusing ketika mengenang masa kanak-kanaknya yang begitu nakal—suka berbohong dan mencuri. Saya pun membenarkannya karena saya juga mengalaminya.

Ketika menyadari bahwa semua hanyalah karena anugerah Tuhan, kita akan semakin berhati-hati dalam menjalani hidup ini. Kita mengerti, jika kita mampu untuk melakukan ini dan itu, semua itu karena anugerah Tuhan semata. Sehingga satu-satunya alasan untuk bermegah adalah Tuhan sendiri.

”Tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu kusukai, demikianlah firman TUHAN.” (Yer. 9:24). Tuhanlah yang membuat kita mampu menjalani hidup di dunia ini.

Hal lain yang juga penting adalah anugerah Tuhan yang kita terima juga akan menolong kita dalam menerima orang lain, sebagaimana adanya orang itu. Kita akan belajar untuk bersabar dan mengampuni orang lain, sebagaimana Tuhan telah memperlakukan kita. Sama seperti anugerah Tuhan yang selalu baru bagi kita, maka kita juga perlu untuk memperbarui kasih kita terhadap sesama. Sebab anugerah Tuhan tidak hanya untuk kita nikmati sendiri tetapi juga untuk orang lain. Sehingga semakin banyak orang yang bersyukur kepada Tuhan atas anugerah-Nya.

Ingat, tak ada yang gratis, kecuali anugerah Tuhan. Karena itu, bersyukurlah!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home