Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:06 WIB | Sabtu, 16 Mei 2020

Teknologi Fitoremediasi untuk Menangani Pencemaran Lingkungan

Teknologi Fitoremediasi solusi pencemaran lingkungan. (Foto: lipi.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Saat ini, pencemaran lingkungan yang terjadi di Indonesia perlu segera mendapatkan perhatian dan penanganan serius karena telah jauh berdampak pada terganggunya ekosistem dan keanekaragaman hayati.

Nuril Hidayati, peneliti botani Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebutkan secara global diperkirakan 10.000 ton merkuri (Hg) per tahun mencemari lingkungan.

Di Indonesia, sumbangan terbesar pencemaran merkuri (37 persen) berasal dari penambangan emas rakyat yang tersebar di sekitar 800 daerah. Sementara itu, sekitar 75 persen lahan pertanian di Indonesia sudah menjadi lahan kritis sehingga kesuburan tanahnya terus menurun. Data menunjukkan 21–40 persen dari 106 ribu ha sawah di Pantura Jawa Barat tercemar logam berat, dengan 7,83 hingga 91,47ppm tercemar timbal dan kadmium 8,75ppm.

“Kontaminan dari kelompok logam berat, seperti timbal (Pb), kadmium (Cd), dan merkuri (Hg) yang sulit mengalami degradasi secara alami, secara umum paling banyak dijumpai dan paling berpotensi menimbulkan masalah lingkungan,” kata Nuril dalam orasi pengukuhan Profesor Riset berjudul Tanaman Akumulator Merkuri (Hg), Timbal (Pb), dan Kadmium (Cd) untuk Fitoremediasi., dilansir lipi.go.id,Jumat (15/5).

Menurut Nuril, upaya reklamasi melalui revegetasi saja tidak menjamin hilangnya kontaminan dalam tanah walaupun kondisi lingkungan tampak membaik.

Salah satu alternatif solusinya ialah menggunakan teknik fitoremediasi, yaitu teknik pembersihan limbah atau area terkontaminasi limbah dengan menggunakan tanaman hidup yang disebut tanaman akumulator.

“Teknologi fitoremediasi lebih ekonomis dan tepat diterapkan di Indonesia, mengingat Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang berpotensi sebagai tanaman hiperakumulator,” kata  Nuril.

Riset tanaman akumulator merkuri menemukan beberapa tanaman yaitu Commelina nudiflora dengan potensi akumulasi 114,05 mg/thn dapat menurunkan 73persen kadar Hg di sawah (45 ppm–17 ppm), Salvinia molesta dengan poteni akumulasi 111,71mg/thn menurunkan 84 persen Hg (52 ppm–8 ppm), Paspalum conjugatum dengan potensi akumulasi 107,11 mg/thn menurunkan 88 persen Hg (75 ppm–9 ppm), dan Monocharia vaginalis dengan potensi akumulasi 68,57 mg/thn menurunkan 66 persen Hg (29 ppm–10 ppm).

Sementara, enam jenis tanaman berpotensi akumulator timbal ialah Saccharum spontaneum (47 ppm Pb), Acorus calamus (55 ppm Pb), Ipomoea fistulosa (60 ppm Pb), Ludwigia hyssopifolia (50 ppm Pb), Eichhornia crassipes (55 ppm Pb), dan Hymenachne amplexicaulis 57 ppm Pb) dan enam jenis tanaman berpotensi akumulator kadmium antara lain Limnocharis flava (4,3 ppm Cd), Colocasia sp. (4,9 ppm), Ipomoea fistulosa (4,5 ppm), Grangea maderaspatana (5,0 ppm), Eichhornia crassipes (6,0 ppm), dan Ludwigia octovalvis (5,0 ppm Cd).

Penelitian Nuril menjelaskan,  konsep fitoremediasi menggunakan tanaman hiperakumulator secara holistik hingga metode untuk meningkatkan kemampuan fitoekstraksi secara terintegrasi. Teknik fitoremediasi berbasis tanaman hiperakumulator dapat diaplikasikan secara terpadu sesuai dengan lingkungan yang diremediasi untuk memperbesar peluang keberhasilan.

“Inovasi ini dapat memberikan dampak yang besar terhadap pengelolaan pencemaran lingkungan, “ kata Nuril.

Nuril mengatakan,  pentingnya penyadartahuan masyarakat akan bahaya pencemaran dan mendorong keseriusan pemerintah dalam hal penerapan regulasi dan undang-undang pengelolaan lingkungan secara tegas dan konsisten serta diperlukan pendataan pencemaran secara lebih serius, objektif, dan transparan agar terkumpul basis data akurat yang terpusat dan dapat diakses secara nasional.

“Arah ke depan strategi pengembangan riset hiperakumulator dan fitoremediasi ialah memperkuat sinergisme antar-disiplin ilmu termasuk fisiologi tumbuhan, genetika molekuler, dan lainnya untuk mempercepat pencapaian hasil-hasil riset,” imbuhnya. (lipi.go.id)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home