Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 00:00 WIB | Rabu, 02 Desember 2020

Teleskop Besar di Observatorium Puerto Rico Ambruk

Fasilitas ini telah beroperasi 57 tahun dan berjasa dalam berbagai studi dan penemuan astronomi.
Citra satelit oleh Maxar Technologies tahun 2020 ini menunjukkan teleskop radio yang rusak di Observatorium Arecibo di Puerto Rico, pada hari Kamis (17/11/2020). (Foto: Maxar Technologies via AP)

SAN JUAN, SATUHARAPAN.COM-Sebuah teleskop radio besar di Arecibo Observatory,  yang telah rusak di Puerto Rico ambruk pada hari Selasa (1/12). Observatorium ini telah memainkan peran penting dalam penemuan astronomi selama lebih dari setengah abad.

Platform dengan 900 ton teleskop jatuh ke piringan reflektor lebih dari 400 kaki di bawah. National Science Foundation (NSF) Amerika Serikat sebelumnya mengumumkan bahwa Arecibo Observatory itu akan ditutup. Kabel tambahan putus pada bulan Agustus, menyebabkan kerusakan 100 kaki pada piringan reflektor selebar 1.000 kaki (305 meter) dan merusak platform penerima yang tergantung di atasnya. Kemudian kabel utama putus pada awal November.

Keruntuhan itu mengejutkan banyak ilmuwan yang mengandalkan apa yang hingga saat ini menjadi teleskop radio terbesar di dunia. “Sungguh kerugian yang sangat besar,” kata Carmen Pantoja, astronom dan profesor di Universitas Puerto Rico yang menggunakan teleskop untuk meraih gelar doktornya. “Itu adalah bagian dari hidup saya.”

Ilmuwan di seluruh dunia telah mengajukan petisi kepada pejabat AS untuk membatalkan keputusan NSF untuk menutup observatorium itu. NSF mengatakan pada saat itu bahwa pihaknya bermaksud untuk membuka kembali pusat pengunjung dan memulihkan operasi di aset observatorium yang tersisa, termasuk dua fasilitas LIDAR (Light Detection and Ranging) yang digunakan untuk penelitian atmosfer dan ionosfer bagian atas, termasuk menganalisis tutupan awan dan data curah hujan.

Teleskop itu dibangun pada 1960-an dengan uang dari Departemen Pertahanan di tengah dorongan untuk mengembangkan pertahanan rudal anti balistik. Teleskop itu telah bertahan dari angin topan, kelembaban tropis dan serangkaian gempa bumi baru-baru ini dalam 57 tahun operasinya.

90.000 Pengunjung Setahun

Teleskop itu telah digunakan untuk melacak asteroid di jalur ke Bumi, melakukan penelitian yang menghasilkan Hadiah Nobel dan menentukan apakah sebuah planet berpotensi dihuni.

Teleskop itu juga berfungsi sebagai tempat pelatihan bagi mahasiswa pasca sarjana dan menarik sekitar 90.000 pengunjung setahun. “Saya adalah salah satu siswa yang mengunjunginya ketika masih muda dan mendapat inspirasi,” kata Abel Mendez, seorang profesor fisika dan astrobiologi di Universitas Puerto Rico di Arecibo yang telah menggunakan teleskop untuk penelitian.

Dunia tanpa observatorium kalah, tapi Puerto Rico kehilangan lebih banyak lagi. Dia terakhir menggunakan teleskop pada 6 Agustus, hanya beberapa hari sebelum soket yang menahan kabel tambahan putus, yang diyakini para ahli sebagai kesalahan produksi.

NSF yang memiliki observatorium yang dikelola oleh University of Central Florida, mengatakan kru yang mengevaluasi struktur tersebut setelah insiden pertama menentukan bahwa kabel yang tersisa dapat menangani beban tambahan.

Namun pada 6 November, kabel lain putus. Seorang juru bicara observatorium mengatakan belum tada komentar, dan juru bicara University of Central Florida tidak membalas permintaan komentar.

Para ilmuwan telah menggunakan teleskop untuk mempelajari pulsar guna mendeteksi gelombang gravitasi serta mencari hidrogen netral, yang dapat mengungkap bagaimana struktur kosmik tertentu terbentuk.

Sekitar 250 ilmuwan di seluruh dunia telah menggunakan observatorium itu ketika ditutup pada Agustus, termasuk Mendez, yang mempelajari bintang untuk mendeteksi tanaman yang layak huni. Saya mencoba untuk pulih, katanya. "Saya masih sangat terpengaruh." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home