Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:50 WIB | Jumat, 04 September 2015

Tiongkok Prakarsai Pertemuan APEC untuk Difabel

Ilustrasi: Dua atlet difabel Provinsi DKI Jakarta, Baharuddin (kaus merah) dan Maria Goretti Samiati (kaus oranye) berlatih di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta untuk persiapan ke Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2016 di Jawa Barat. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Prasasta Widiadi)

CEBU, SATUHARAPAN.COM – Tiongkok memprakarsai  Pertemuan pertama  Kelompok APEC (Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik) untuk kaum difabel di Cebu, Filipina pada hari Kamis (3/9).

Pertemuan yang diselenggarakan bersama tiga Pejabat Senior APEC  dihadiri  delegasi dari 19 negara. Pertemuan ini digelar dalam rangka  membahas berbagai isu seputar difabel ke dalam kerangka APEC.

Pertemuan menegaskan hubungan erat antara kaum difabel dan pembangunan ekonomi, dan menganjurkan pemberdayaan lanjut kaum difabel dan penghapusan diskriminasi terhadap partisipasi mereka dalam perekonomian.

Forum APEC dan sub-forum terkait didorong untuk mengembangkan ekonomi inklusif bagi kaum difabel dan memungkinkan kaum difabel untuk menciptakan kekayaan ekonomi melalui penerapan langkah-langkah efektif.

Dokumen hasil pertemuan akan disampaikan kepada Rapat Pemimpin Ekonomi APEC 'yang akan diselenggarakan pada 18-19 November 2015 di ibukota Filipina Manila.

Ada total 650 juta kaum difabel di kawasan Asia-Pasifik, menurut  menurut Federasi Kaum Difabel Tiongkok.

Pemerintah Tiongkok  mengambil bagian aktif dalam urusan yang berkaitan dengan kecacatan internasional sementara berkomitmen untuk mengembangkan pekerjaan bagi kaum difabel di Tiongkok.

Inisiatif bersama termasuk 10 proposal diadopsi oleh acara tersebut dan menimbulkan perhatian luas dari ekonomi APEC pada isu-isu kecacatan.

Beberapa waktu lalu, di Rapat Kedua pejabat senior APEC telah melahirkan catatan konsep "Mempromosikan Pembangunan kaum difabel di Asia-Pasifik" yang disampaikan oleh Tiongkok mendapat dukungan luas dari  APEC.  (xinhuanet.com)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home