Google+
Loading...
HAM
Penulis: Sotyati 10:20 WIB | Sabtu, 01 Juli 2017

Tiongkok Tak Izinkan Liu Berobat ke Luar Negeri

Penulis dan aktivis hak asasi manusia Tiongkok, Liu Xiaobo. (Foto: Dok satuharapan.com/theguardian.com)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM –  Pemerintah Tiongkok menolak memberikan izin Liu Xiaobo, 61 tahun, peraih Nobel Perdamaian, untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan atas kanker yang dideritanya di luar negeri.

Pejabat Kementerian Kehakiman Tiongkok yang menyampaikan berita itu kepada keluarga, Rabu (28/6) petang, seperti dikatakan pengacara keluarga Shang Baojun, dikutip dari New York Times, tidak menyebutkan alasan penolakan.

Pengacara Shang Baojun mengatakan pejabat Kementerian Kehakiman, seperti dilaporkan Kantor Berita NHK, mengunjungi rumah sakit tempat aktivis HAM itu dirawat untuk memberi tahu keputusan pemerintah tersebut kepada keluarganya.

Liu dihukum penjara 11 tahun atas kejahatan mencoba menggulingkan pemerintah sejak 2009. Ia mendapat Hadiah Nobel Perdamaian saat tengah berada dalam penjara.

Ia baru-baru ini mendapat pembebasan bersyarat medis setelah didiagnosis terkena kanker hati stadium akhir, dan dipindahkan ke sebuah rumah sakit di Kota Shenyang di wilayah timur laut.

Liu dan istrinya, penyair Liu Xia, mengatakan ingin mendapatkan perawatan di luar Tiongkok dan menyampaikan kepada otoritas bahwa mereka berharap keluar dari Tiongkok.

Editor : Sotyati

Back to Home