Loading...
DUNIA
Penulis: Kartika Virgianti 18:50 WIB | Senin, 27 Januari 2014

Transportasi Publik Darat di Kota Romantis, Verona, Baik

Ilustrasi Kota Verona. (Foto: id.wikipedia.org)

SATUHARAPAN.COM – Kota Verona, Italia, di samping romantismenya, ternyata memiliki transportasi publik perkotaan yang cukup baik. Virtualtourist.com mengulasnya.

Pertama kali mendengar kata Verona, mungkin banyak yang langsung terpikir kisah abadi Romeo dan Juliet yang ditulis oleh penulis terkenal William Shakespeare.

Saat menginjakkan kaki di kota yang begitu terkenal dengan romantisme kisah sepasang kekasih di balkon itu, Anda tidak perlu menggunakan transportasi umum, karena segala tujuan di pusat kota ini sebenarnya mudah dicapai dengan berjalan kaki.

Tetapi jika hotel Anda berada di pinggir kota atau jika ingin menuju suatu tempat di luar kota Verona, maka dibutuhkan transportasi umum.

Bus Kota

Stasiun bus Verona terdapat tepat di depan stasiun kereta api. Begitu turun dari stasiun kereta api, penumpang bisa langsung terintegerasi bus dengan berbagai tujuan, dari bagian utara Danau Garda dengan batas selatan Distrik Verona.

Dulu ada dua perusahaan bus yang berbeda, satu untuk bus kota dan satu lagi untuk bus ke luar Verona. Tetapi, sekarang hanya ada satu perusahaan di Verona bernama ATV. Penumpang harus membeli tiket bus sebelum naik, karena tiket yang dibeli di atas bus harganya jauh lebih mahal.

Agen tiket terdapat di stasiun bus, yang bisa dibeli pada toko penjual rokok dan agen koran. Sebelum naik bus, Anda harus memvalidasi tiket di mesin dekat pintu masuk, kalau tidak, bisa kena denda. Bus di Verona bisa berhenti di manapun, dan pelayanan terbaiknya pada siang hari. Sedangkan pada  malam hari maupun hari minggu dan hari libur, jadwal dan jalur bus bisa berbeda.

“Transportasi umum berupa bus di Verona, beberapa di antaranya didukung oleh bahan bakar gas alam untuk mengurangi polusi. Sebagai seorang pengendara sepeda saya tidak pernah menggunakan bus ini, tapi saya diberitahu layanan sangat baik mudah diakses dengan frekuensi setiap jam.” tulis salah satu ulasan dengan nama akun Nemorino.

Kereta Api

Jika Anda berencana melakukan perjalanan beberapa hari ke kota-kota luar Verona, di stasiun kereta api terdapat loket yang menjual tiket untuk setiap tujuan, yang bisa dibayar dengan uang tunai atau kartu kredit.

Sebelum naik kereta api, Anda juga harus memvalidasi tiket di mesin dekat pintu masuk. Jika tidak melakukannya, maka harus membayar harga tiket untuk kedua kalinya di atas kereta, karena di dalam kereta api selalu ada petugas yang memeriksa tiket. Jika lupa memvalidasi tiket, yang perlu dilakukan adalah segera mencari petugas yang memeriksa tiket di kereta api dan katakan pada mereka bahwa Anda lupa. Dalam hal ini, maka akan diberikan kebijakan dengan hanya dikenakan denda ringan.

“Bepergian ke Verona dengan kereta api sangat mudah. Berlokasi dekat dengan Venesia dan Milan, jadwalnya sangat teratur. Porta Nuova adalah stasiun kereta api yang terletak tepat di seberang jalan dari stasiun transit bus dan hanya sekitar lima belas menit berjalan kaki ke gerbang kota. Tersedia juga mesin penjual tiket untuk memudahkan seseorang membeli tiket dengan cepat.” ulas sebuah akun bernama Herkbert.

“Meskipun semakin banyak orang melakukan perjalanan ke Verona dengan pesawat, hal yang paling umum dilakukan pengunjung ketika tiba, menggunakan layanan dengan kereta api. Stasiun kereta api Verona, Porta Nuova juga terhubung ke kota-kota lainnya di Italia, dengan jalur utama dari Venesia, Bologna dan Milan. Stasiun Porta Nuova bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki singkat sekitar 15 menit dari pusat bersejarah kota yaitu Koloseum Romawi (bus dan taksi juga tersedia). Ada kantor pusat info wisata yang terletak di stasiun, mereka menjual kartu Verona, restoran cepat saji (convenience store), toko buku kecil.”

“Kami naik kereta api dari Florence ke Verona via Bologna. Bahkan dengan waktu tempuh kurang dari dua jam untuk mencapai Verona, dengan tiket seharga 34 Euro. Dari Verona ke Venesia perjalanannya sekitar satu jam dengan biaya tiket 18,50 Euro. Ada loket tiket, tetapi lebih mudah membeli tiket dari mesin self-service, instruksi tersedia dalam bahasa Inggris (dan bahasa lainnya), dan sebagian besar bisa menerima pembayaran dengan kartu,” tulis akun lainnya bernama Effeti.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home