Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 21:30 WIB | Kamis, 20 April 2017

Trump dan Ivanka Akan Telepon Astronaut Pemecah Rekor

Peggy Whitson, astronaut NASA yang memecahkan rekor baru menjalankan misi di luar angkasa. (Foto: NASA Blogs)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dan putrinya, Ivanka, pekan depan akan menelepon Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk mengucapkan selamat kepada Peggy Whitson, astronaut NASA yang memecahkan rekor baru menjalankan misi di luar angkasa, menurut keterangan sejumlah pejabat, hari Rabu (19/4).

Whitson (57) merupakan komandan ISS dan pada 24 April akan melampaui rekor 534 hari Jeff Williams saat berada di luar angkasa.

Trump, Ivanka dan astronaut NASA Kate Rubins akan melakukan komunikasi pada pukul 10.00 (waktu setempat), Senin pekan depan dan komunikasi tersebut akan disiarkan langsung di televisi NASA, menurut pernyataan badan antariksa AS tersebut.

Komunikasi antara Bumi dan antariksa itu akan digelar di Oval Office, Gedung Putih.

Dalam perbincangan selama 20 menit tersebut, Trump berencana mengucapkan selamat secara pribadi kepada Whitson karena dia berhasil memecahkan rekor terlama di luar angkasa.

Acara tersebut juga akan disiarkan langsung di Facebook dan “disiarkan di sekolah, museum dan berbagai organisasi di seluruh penjuru negeri dan dunia,” menurut pernyataan NASA.

Whitson merupakan perempuan pertama yang mengepalai stasiun luar angkasa ISS dua kali, perempuan tertua yang melakukan perjalanan keluar angkasa dan memegang rekor melakukan spacewalk atau berjalan di luar angkasa terbanyak oleh astronaut perempuan.

Misi terbarunya dimulai ketika dia tiba di ISS pada 19 November tahun lalu.

Misi enam bulan Whitson diperpanjang selama tiga bulan dan dia dijadwalkan kembali ke Bumi pada September mendatang.

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home