Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:23 WIB | Jumat, 09 Maret 2018

Trump, Kim Sepakat Bertemu Bulan Mei

Presiden Donald Trump. (Foto: Dok satuharapan.com/AFP/Mandel Ngan)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Seorang pejabat senior Korea Selatan yang tengah berkunjung ke Washington mengatakan, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah sepakat untuk mengadakan pertemuan puncak.

Chung Eui-yong, Kepala Kantor Keamanan Nasional Korea Selatan menjelaskan kepada para wartawan hari Kamis (8/3/2018) di Gedung Putih, seperti dikutip Kantor Berita NHK, setelah bertemu dengan Trump.

Chung, yang bertemu dengan Kim Jong Un di Pyongyang pada hari Senin, sebagai utusan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, mengatakan, dia menyampaikan kepada Trump bahwa Kim mengusulkan pertemuan puncak Korea Utara-AS. Menurutnya, Trump mengutarakan kesediaan untuk menemui Kim pada bulan Mei guna membahas denuklirisasi Korea Utara.

Chung menambahkan, ia menyampaikan kepada Trump bahwa Kim berjanji untuk secara sementara tidak melakukan uji coba nuklir maupun rudal lebih lanjut.

Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan pada hari Kamis, Presiden Trump akan menerima undangan untuk bertemu dengan Pemimpin Korea Utara pada tempat dan waktu yang akan ditentukan. Sanders menekankan AS menantikan denuklirisasi Korea Utara dan mengatakan, untuk saat ini semua sanksi harus tetap diterapkan dan tekanan maksimal dipertahankan. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati

Back to Home