Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:53 WIB | Minggu, 27 Oktober 2019

Trump Konfirmasi Kematian al-Baghdadi

Pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi. (Foto: dari Iraqinews)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan bahwa emimpin Negara Islam atau ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi telah terbunuh. Trum mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi.

 “Tadi malam, Amerika Serikat membawa pemimpin teroris nomor satu dunia itu ke pengadilan. Abu Bakar al-Baghdadi sudah mati,” kata Trump.

Trump menjelaskan tentang serangan militer AS di kompleks di mana al-Baghdadi tinggal. Dia menyebutkan menyaksikan langsung operasi khusus semalam. Dia menyebutkan al-Baghdadi tewas dengan meledakkan bom dalam rompi yang dikenakan, setelah dia menghadapi "jalan buntu" ketika diburu pasukan AS.

“Personel AS luar biasa... Tidak ada personil yang hilang dalam operasi, ”kata Trump. “Dia tewas setelah berlari ke arah terowongan buntu, merintih, menangis, dan menjerit sepanjang jalan. Kompleks telah dibersihkan pada saat ini."

Bantuan Berbagai Negara

“Kami mengambil materi yang sangat sensitif dari serangan itu. Banyak yang terkait dengan ISIS,” kata Trump. Dia menyebutkan anak-anak dikeluarkan dari kompleks itu, sedangkan para pendukung al-Baghdadi terbunuh. Trump menggambarkan kejahatan yang keji yang dilakukan oleh ISIS yang dipimpin al-Baghdadi.

Kematian Al-Baghdadi menunjukkan pengejaran teroris oleh Amerika Serikat yang tak kenal lelah. “Jangkauan kami sangat panjang," katanya.

Trump menyampaikan terima kasih kepada Rusia, Turki, Suriah, Irak, serta Kurdi Suriah, atas bantuan mereka dalam menemukan dan membunuh al-Baghdadi.

Operasi khusus itu bagian dari tiga tahun mengejar pemimpin ISIS oleh pemerintahannya, dan terakhir melibatkan delapan helikopter dan memasuki daerah yang berbahaya. AS juga menjanjikan akan merilis rincian anggota ISIS yang tewas dalam serangan itu segera. Menurut Trump, al-Baghdadi tewas seperti anjing, dia mati sebagai pengecut. Bahkan ada tiga anak yang tewas ketika al-Baghdadi bunuh diri dengan bom rompi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home