Google+
Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 08:02 WIB | Sabtu, 01 Agustus 2020

Twitter: Peretas Menggunakan Telefon untuk Mengelabuhi Staf

Logo Twitter pada posting telepon yang diperbarui di lantai New York Stock Exchange. (Foto: dok. AP)

SATUHARAPAN.COM-Twitter mengatakan para peretas yang bertanggung jawab atas pelanggaran profil tinggi baru-baru ini menggunakan telepon untuk mengelabuhi karyawan perusahaan media sosial agar memberi mereka akses.

Perusahaan itu mengungkapkan beberapa rincian pada hari Kamis (30/7) malam tentang peretasan awal bulan ini, yang katanya menargetkan "sejumlah kecil karyawan melalui seranganmengelabuhi dengan telepon."

"Serangan ini bergantung pada upaya yang signifikan dan terpadu untuk menyesatkan karyawan tertentu dan mengeksploitasi kerentanan manusia untuk mendapatkan akses ke sistem internal kami," kata perusahaan itu.

Serangan 15 Juli yang memalukan itu mengkompromikan akun dari beberapa pengguna yang profilnya paling terkenal, termasuk CEO Tesla Elon Musk dan selebritas Kanye West dan istrinya, Kim Kardashian West, dalam upaya nyata untuk menarik pengikut mereka mengirim uang ke akun Bitcoin anonim.

Peretas menargetkan 130 akun. Mereka berhasil men-tweet dari 45 akun, mengakses pesan inbox langsung dari 36, dan mengunduh data Twitter dari tujuh akun. Anggota parlemen anti Islam Belanda, Geert Wilders, mengatakan inbox-nya termasuk yang diakses.

Phear-phishing adalah versi pengelabuhan yang lebih bertarget, sebuah penipuan dengan peniruan yang menggunakan email atau komunikasi elektronik lainnya untuk menipu penerima agar menyerahkan informasi sensitif.

Twitter tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang bagaimana serangan itu dilakukan, dan mengatakan akan memberikan laporan yang lebih rinci nanti “mengingat penyelidikan penegakan hukum yang sedang berlangsung.''

Perusahaan itu sebelumnya mengatakan insiden itu adalah "serangan rekayasa sosial terkoordinasi" yang menargetkan beberapa karyawannya dengan akses ke sistem dan alat internal. (AP)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home