Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 12:22 WIB | Kamis, 06 Februari 2020

Uji Coba Sel iPS bagi Parkinson Berjalan Lancar

Ilustrasi. Salah satu terapi pasien parkinson. (Foto: Dok satuharapan.com/Dr Navdeep's Neuroclinic/Joy of Movement)

KYOTO, SATUHARAPAN.COM – Sekelompok ilmuwan di Universitas Kyoto Jepang mengatakan uji coba klinis bagi penyakit Parkinson menggunakan sel punca yang diprogram ulang berjalan dengan lancar.

Percobaan tersebut menggunakan sel punca pluripoten terinduksi iPS. Ini adalah sel-sel tubuh yang diciptakan untuk dapat berkembang menjadi jaringan jenis apa pun.

Parkinson adalah penyakit yang sulit disembuhkan akibat kehilangan sel-sel saraf otak yang menghasilkan dopamin yang mengirim sinyal antarsel.

Jepang memiliki sekitar 150.000 pasien dengan penyakit ini yang gejalanya termasuk tubuh mengalami tremor dan bergerak lamban.

Pada Oktober 2018, tim tersebut menyuntikkan sel-sel iPS ke otak seorang pasien dengan harapan sel-sel tersebut dapat berubah menjadi neuron serta membantu mengembalikan fungsi tubuh.

Prosedur yang sama dilakukan atas dua pasien lain tahun lalu. Tim itu mengatakan tidak ada dari tiga pasien tersebut yang mengalami efek samping seperti sel-sel implan berubah menjadi kanker.

Sebanyak empat pasien lain dijadwalkan mengikuti percobaan tersebut pada tahun fiskal mendatang. Target tim tersebut adalah membuat perawatan itu tersedia luas dan ditanggung oleh skema asuransi kesehatan. (nhk.or.jp)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home