Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 10:03 WIB | Rabu, 02 Oktober 2013

Uni Eropa Diminta Tetap Teguh Posisinya Terkait Pemukiman Israel

Anggota Ecumenical Accompaniment Programme in Palestine and Israel (EAPPI) di depan kantor UE. (Foto: Deborah Casalin/oikumene.org)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM – Sembilan mantan relawan lembaga di bawah Dewan Gereja Dunia (WCC), Program Pendampingan Ekumenis di Palestina dan Israel (EAPPI) telah bertemu dengan pejabat Uni Eropa (UE) di kantor UE. Mereka mendesak UE menghormati sikap mereka sendiri terhadap isu baru-baru ini tentang  dikeluarkannya pedoman hibah dan pinjaman ke pemukiman Israel di kawasan Palestina(1/10).

Diskusi mereka terutama berfokus pada pemukiman Israel, yang tumbuh cepat, yang membuat solusi bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan itu lebih sulit.

Anggota Ecumenical Accompaniment Programme in Palestine and Israel (EAPPI) ini  tinggal di Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai bagian dari program EAPPI. Mereka  membawa informasi dari tanah Palestina ke pejabat UE, mengingatkan mereka akan mendesaknya situasi.

Kelompok mantan pendamping ekumenis (EA) terdiri dari peserta dari Polandia, Jerman, Inggris, Irlandia, Swedia, Belanda dan Finlandia. Bersama dengan staf dari EAPPI, mereka berpartisipasi dalam serangkaian pertemuan 23-26 September di Brussels, Belgia.

Para EA Mengkritik Uni Eropa

Kunjungan mereka juga bertepatan dengan Pekan Dunia untuk Perdamaian di Palestina dan Israel.

Para EA bertemu dengan lebih dari 60 pejabat, terutama anggota parlemen (MEP) dari spektrum yang luas dari afiliasi politik, serta perwakilan permanen untuk Uni Eropa dari Polandia, Inggris, Jerman, Belanda, Austria, Italia, Irlandia, Siprus, Denmark, Portugal dan Swedia. Mereka mengadakan pertemuan dengan penasihat politik kepada Parlemen Uni Eropa dan pegawai yang bekerja di External Action Service Uni Eropa, kantor menteri luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton dan Komisi Uni Eropa pada Penelitian.

Para EA menyatakan bahwa meskipun fakta bahwa Uni Eropa selalu jelas mengutuk pemukiman Israel di Tepi Barat dan tidak pernah mengakui kedaulatan Israel di wilayah yang diduduki sejak tahun 1967, telah memberi hibah penelitian untuk perusahaan seperti Ahava, yang beroperasi secara luas di Tepi Barat.

Uni Eropa juga merupakan pasar utama bagi produk-produk pertanian dari pemukiman Israel dan karena itu membantu pemukiman menjadi layak dan bahkan menguntungkan.

Pedoman Baru Tentang Hibah di Pemukiman Israel

Uni Eropa baru-baru ini mengeluarkan pedoman hibah dan pinjaman ke pemukiman, yang merupakan langkah pertama menuju memastikan pemukiman tidak diuntungkan dari perdagangan dengan Uni Eropa. Langkah-langkah ini akan membantu tindakan Uni Eropa untuk lebih sesuai dengan kebijakan mereka. Namun, setelah pedoman tersebut diterbitkan pada Juli, Uni Eropa menghadapi kecaman keras terutama dari pemerintah Israel.

 

Selain meminta para pejabat untuk memastikan pedoman tersebut akan dilaksanakan secara penuh dan tepat waktu, EA juga meminta agar dua pedoman Uni Eropa yang sedang diproses dapat diselesaikan tanpa penundaan. Salah satunya adalah pada pelabelan yang tepat terhadap produk-produk dari pemukiman. Dan, pedoman terhadap bisnis Uni Eropa dan perusahaan yang terlibat dalam pemukiman. Mereka menekankan bahwa itu merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa hak-hak konsumen dilindungi dan bahwa bisnis dibimbing tentang cara menghindari keterlibatan dengan pelanggaran hukum internasional.

“Para pejabat yang kami temui sangat menerima rekomendasi kami dan mengakui bahwa saran kami wajar,” kata Anne-Marie Vuignier, anggota staf EAPPI tersebut. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa “beberapa pejabat benar-benar berterima kasih kepada kami untuk atas prinsip ketidakberpihakan kami. Biasanya mereka bertemu orang yang sangat ekstrem, terutama pada isu-isu ini.”

“Banyak dari mereka menyatakan minatnya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari lapangan, seperti kompilasi laporan kejadian,” kata Vuignier.

Para EA termasuk Dominika Blachnika, Johnathan Adams, Jenny Derbyshire, Anna -Maria Laurell, Geert Horstmann, Teresa Mayr, Beatrice Banafa, Wolfgang Sréter, dan Ekkerhart Drost. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home