Loading...
EKONOMI
Penulis: Wiwin Wirwidya Hendra 11:10 WIB | Kamis, 25 April 2013

Vodafone Selimuti Madrid

Logo Vodafone dan warna merah yang menyelimuti stasiun Sol di Madrid, Spanyol

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Produsen telepon seluler asal Inggris, Vodafone merajai kota Madrid, Spanyol. Warna merah yang identik dengan produk dan dengan kerajaan yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth itu kini menyelimuti satu rute perjalanan kereta di Madrid. Tidak tanggung-tanggung, rute itu diwarnai dengan warna merah di atas peta dan stasiun pun dinamakan sesuai produk tersebut; "Sol Vodafone” dengan rute "2 Vodafone".

Tentu saja, ini adalah siasat marketing yang lumayan ampuh mengingat kereta ini mengangkut 122,000 penumpang setiap harinya. Belum lagi orang-orang sejumlah itu yang akan bertujuan ke Sol Station yang kini telah berganti nama menjadi stasiun Sol Vodafone. Sol Vodafone adalah stasiun yang terletak di pusat kota, stasiun ini merupakan gerbang yang membuka perjalanan dari Puerta del Sol di Madrid hingga Trafalgar Square di London.

Pemasaran bisnis bermetode mobile ini memakan biaya 3 juta Euro, biaya tersebut diserahkan kepada operator metro Madrid untuk jangka waktu selama tiga tahun. Biaya promosi tersebut juga termasuk meletakkan logo Vodafone di seluruh peta resmi rute perjalanan di seluruh kota Madrid, logo di sepanjang dalam dan luar gerbong kereta.

“Ini adalah kali pertama dalam sejarah transportasi Eropa, berkompromi dengan kesepakatan komersial semacam ini. Sampai-sampai mengubah nama jalur secara keseluruhan. Namun harus diakui, ini adalah bentuk pemasaran yang mampu mendatangkan pendapatan,” kata perwakilan dari Vodafone kepada Telegraph.

Di Inggris sendiri, Dinas Transportasi London telah menjual hak pemberian nama atas tram atau cable car yang beroperasi antara Greenwich dan Royal Docks. Perjanjian kerjasama juga telah dilakukan, antara Dinas Perhubungan dengan maskapai penerbangan Emirates, meskipun telah dihentikan lantaran peralihan kepemilikan saham.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home