Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Prasasta Widiadi 10:21 WIB | Rabu, 10 September 2014

Wagub Jadi Sopir Taksi

Wagub Jadi Sopir Taksi
Basuki Tjahaja Purnama (kemeja batik) mengemudikan taksi yang diperuntukkan penyandang disabilitas di halaman kantornya. (Foto-foto: Prasasta).
Wagub Jadi Sopir Taksi
Taksi yang dilengkapi fasilitas kursi khusus bagi penyandang tuna daksa.
Wagub Jadi Sopir Taksi
Pihak Bluebird menunjukkan kursi tengah yang dapat diputar 360 derajat, sehingga memungkinkan penyandang tuna daksa naik ke kendaraan dengan mudah.
Wagub Jadi Sopir Taksi
Demo yang menunjukkan kursi tengah dapat diputar sehingga memungkinkan penyandang tuna daksa naik ke kendaraan dengan mudah.
Wagub Jadi Sopir Taksi
Pihak Bluebird menunjukkan kursi tengah dapat diputar sehingga memungkinkan penyandang tuna daksa dapat naik ke kendaraan dengan mudah.
Wagub Jadi Sopir Taksi
Angkie Yudhistia (kiri) penyandang tuna rungu memberi petunjuk kepada Basuki Tjahaja Purnama (kanan) tentang fasilitas taksi bagi penyandang disabilitas tuna daksa tersebut.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Mendapat kesempatan mengemudikan taksi dari salah satu perusahaan taksi besar di Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pun berkelakar. "Ini jaga-jaga saja kalau gue nggak wagub lagi,” kata Basuki, yang langsung disambut gelak tawa pewarta yang mengabadikan dan memadati Kantor Gubernur DKI Jakarta, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (10/9).

“Nyaman nih, mobilnya emang gede,” ia berkomentar.

Basuki mengemudikan kendaraan tersebut sebagai bagian dari peresmian Taksi Blue Bird Life Care, sebagai perwujudan kepedulian perusahaan taksi tersebut kepada penyandang difabilitas, khususnya pengguna kursi roda.

Dalam acara tersebut Basuki Tjahaja Purnama didampingi Direktur Utama Blue Bird Purnomo Prawiro, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Soesantono, dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar.

Wagub Basuki mengemudikan kendaraan tersebut keluar dari gerbang Kantor Gubernur DKI, kemudian masuk lagi melalui pintu gerbang pegawai pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sejak pukul 06:15, terlihat lima unit taksi bermerk Nissan Serena yang berbeda dari desain biasanya. Kelima taksi tersebut dengan pelat nomor masing-masing B 1567 TU, B 1568 TU, B 1562 TU, B 1569 TU, dan B 1570 TU diparkir menempati lokasi yang biasanya diperuntukkan kendaraan Kijang Innova milik Gubernur DKI Jakarta, Ir HJoko Widodo.

Teguh Wijayanto, Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Blue Bird menjelaskan di dalam kendaraan tersebut terdapat kursi tengah kanan dan kiri yang dapat dikendalikan secara otomatis oleh pengemudi, khusus bagi penyandang disabilitas tuna daksa, atau mereka yang sehari-hari beraktivitas dengan kursi roda.   

Purnomo Prawiro mengemukakan, pemesanan taksi jenis ini cukup dilakukan dengan mengangkat telepon. Ia menambahkan, dengan layanan baru itu diharapkan masyarakat tidak khawatir lagi menggunakan moda transportasi taksi sebagai salah satu sarana layanan publik.

Basuki Tjahaja Purnama, contohnya, termasuk akrab dengan kendaraan taksi. Pada Jumat (5/9), misalnya, ia menggunakan moda transportasi taksi menuju kantornya di Kantor Gubernur DKI Jakarta.

“Ya, biar cepat, untung saya pakai pengawal,” kata Basuki kepada satuharapan.com. Kala itu, saat turun dari taksi pada pukul 07:57, Basuki sempat mengatakan penting baginya mematuhi instruksi atasan, Gubernur DKI Jakarta Ir H Joko Widodo, yang juga presiden terpilih.    

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home