Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 05:51 WIB | Selasa, 21 April 2015

Wakai, Sepasang Sepatu untuk Satu Pohon

Foto: wakaishoes.jp

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pabrikan sepatu asal Jepang, Wakai, dalam kampanye “Wakai Shoes For Trees” yang menggandeng Trees for the Future Foundation, sebuah organisasi amal publik yang didirikan pada tahun 1970 oleh Dave dan Grace Deppner.
 
Bentuk kepedulian dan komitmen Wakai untuk turut melestarikan, dan melindungi sumber daya alam tertuang dalam program setiap penjualan sepasang sepatu Wakai Trees for the Future Collection, maka satu pohon akan ditanam oleh Trees for the Future Foundation di Ghana.
 
Ghana yang kaya akan sumber daya alam, namun 79 persen dari penduduknya masih hidup dengan penghasilan kurang dari 2 dolar AS per hari, dan kesalahan yang terjadi dalam pengelolaan sumber daya mengancam masa depan penduduk Ghana.
 
Selama 50 tahun terakhir hutan di Ghana telah dipotong setengahnya untuk kepentingan pertanian, pertambangan emas secara berlebihan serta erosi tanah, yang mengakibatkan hasil panen menurun, dan produktivitas pertanian secara keseluruhan terancam.
 
Tanah Ghana membutuhkan pohon untuk mengembalikan kesuburan tanah yang telah tidak produktif selama beberapa dekade atau bahkan ratusan tahun dan Trees for the Future Foundation akan menanam pohon-pohon seperti Leucaena leucocephala dan Calliandra calothrsus (kaliandra) yang dapat mengembalikan elemen kesuburan tanah.
 
Dalam kolaborasi ini petani Ghana juga akan dijarkan tentang praktik penggunaan lahan berkelanjutan yang dapat membuat mereka sadar akan manfaat ekonomi serta meningkatkan sumber daya lingkungan yang ada.
 
Program ini merupakan respon Wakai terhadap isu lingkungan saat ini dan juga akan menjadi kelanjutan kontribusi Wakai dalam pelestarian lingkungan. (Ant )


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home