Loading...
MEDIA
Penulis: Bayu Probo 10:08 WIB | Kamis, 04 September 2014

Warga Kanada Terlibat Penculik Jurnalis AS di Suriah

Peter Theo Curtis berbincang dengan awak media setelah pembebasannya, Minggu (31/8) dari penculikan di Suriah selama dua tahun. (Foto: AFP)

OTTAWA , SATUHARAPAN.COM – Tiga warga negara Kanada terlibat langsung dalam penculikan dua jurnalis Amerika Serikat oleh kelompok militan Islamis di Suriah, menurut laporan stasiun TV Kanada pada Rabu (3/9).

Mengutip pernyataan sejumlah narasumber, Canadian Broadcasting Corporation (CBC) mengatakan ketiga orang tersebut—masih belum diketahui identitasnya—memaksa Theo Curtis dan Matt Schrier untuk mengungkapkan password komputer mereka, kemudian menguras habis rekening bank mereka dan menimbun tagihan kartu kredit.

Mereka juga menulis surat kepada keluarga kedua jurnalis dengan berpura-pura menjadi kedua jurnalis tersebut, menurut laporan CBC. Pemerintah Kanada mengatakan pihaknya sedang menyelidiki kasus ini.

Pemerintah Kanada yakin tiga warga Kanada tersebut masih hidup dan masih aktif menjadi anggota militan. Curtis dan Schrier diculik bersama-sama antara 2012 dan 2013. Curtis dibebaskan oleh sempalan Al Qaeda Front Al Nusra bulan lalu sementara Schrier melarikan diri tahun lalu.

Ottawa mengatakan sebanyak 130 warga negara Kanada menjadi gerilyawan asing yang tergabung dalam sejumlah kelompok ekstremis. Sejumlah pihak memperkirakan jumlahnya jauh lebih tinggi. (AFP/cbc.ca)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home