Loading...
MEDIA
Penulis: Bayu Probo 11:47 WIB | Sabtu, 22 Maret 2014

Wartawan AFP Tewas dalam Serangan di Hotel Afghanistan

Sardar Ahmad, 40, berpose di kantor AFP di Kabul beberapa jam sebelum ia, istri dan tiga anaknya diberondong empat remaja di Hotel Serena, Kabul. 20 Maret 2014. (AFP/Wakil Kohsar)

KABUL, SATUHARAPAN.COM – Sardar Ahmad, seorang staf wartawan di kantor berita Agence France-Presse (AFP), tewas dalam sebuah serangan di hotel Serena, Kabul, seperti dikonfirmasi pada Jumat (21/3).

Ahmad (40) bersama dengan istri dan dua dari tiga anaknya tewas tertembak saat pria Taliban bersenjata menyerang hotel itu pada Kamis malam.

Seorang staf fotografi AFP mengidentifikasi empat jasad tersebut di sebuah rumah sakit kota itu dan mengatakan putra termuda nya dari keluarga itu menjalani perawatan darurat setelah terluka parah dalam serangan tersebut.

Ahmad, yang juga mengelola perusahaan media Kabul Persistent bergabung dengan AFP pada 2003 dan menjadi wartawan senior kantor berita itu di Kabul.

Dia meliput semua aspek kehidupan, perang dan politik di kampung halamannya di Afghanistan bagi AFP.

AFP Kantor Berita Tertua di Dunia

AFP adalah kantor berita Prancis. AFP diklaim tertua di dunia. Kantor berita terbesar di Prancis dan salah satu yang terbesar di dunia. Saat ini, CEO-nya adalah Emmanuel Hoog dan direktur pemberitaannya, Philippe Massonnet. AFP berkantor pusat di Paris, dengan kantor regional di Nicosia, Montevideo, Hong Kong, dan Washington, DC, dan biro di 150 negara. AFP mentransmisikan berita dalam bahasa Prancis, Inggris, Arab, Portugis, Spanyol, dan Jerman.

Sejarah

Badan ini didirikan pada 1835 oleh seorang penerjemah Paris dan agen iklan, Charles-Louis Havas sebagai Agence Havas. Dua karyawannya, Paul Reuter dan Bernhard Wolff, kemudian mendirikan kantor berita saingan di London dan Berlin, mulai 1848. Dalam rangka untuk mengurangi biaya overhead dan mengembangkan sisi iklan yang menguntungkan bisnis, putra Havas, yang menggantikannya pada 1852, menandatangani perjanjian dengan Reuter dan Wolff, memberi dua kantor berita itu zona pelaporan eksklusif di berbagai belahan Eropa. Pengaturan ini berlangsung sampai 1930-an, ketika penemuan gelombang pendek nirkabel ditingkatkan dan memotong biaya komunikasi. Untuk membantu Havas memperluas ruang lingkup pelaporan pada saat ketegangan internasional yang besar, pemerintah Prancis membiayai hingga 47 persen dari investasinya.

Pada 1940, ketika pasukan Jerman menduduki Prancis selama Perang Dunia Kedua, kantor berita diambil alih oleh pemerintah dan berganti nama menjadi Office Français d'Information " (Kantor Informasi Prancis), hanya perusahaan periklanan swasta yang mempertahankan nama Havas. Pada 20 Agustus 1944, saat pasukan Sekutu bergerak ke Paris, sekelompok wartawan di French Resistance merebut kantor FIO dan mengeluarkan pengiriman berita pertama dari kota yang telah dibebaskan itu dengan nama Agence France-Presse.

Didirikan sebagai perusahaan negara, AFP mengabdikan tahun-tahun pasca-perang untuk mengembangkan jaringan koresponden internasional. Salah satunya adalah wartawan barat pertama yang melaporkan kematian diktator Soviet, Joseph Stalin pada  6 Maret 1953. AFP sangat ingin melepaskan statusnya semi-resmi, dan pada  10 Januari 1957 Parlemen Prancis mengesahkan undang-undang menetapkan kebebasannya. Sejak tanggal tersebut, proporsi pendapatan badan yang dihasilkan oleh langganan dari departemen pemerintah telah terus menurun. Langganan tersebut mewakili 115 juta Euro (sekitar Rp 1,8 triliun) pada 2011.]

Pada 1982, lembaga ini mulai melakukan desentralisasi pengambilan keputusan editorial dengan mendirikan kantor pertama dari lima pusat yang otonom regional, di Hong Kong, saat itu koloni Kerajaan Inggris. Setiap daerah memiliki anggaran sendiri, direktur administrasi dan pemimpin redaksi. Pada September 2007, Yayasan AFP diluncurkan untuk mempromosikan standar yang lebih tinggi jurnalisme di seluruh dunia. Misi dari AFP “... untuk melaporkan kejadian, bebas dari segala pengaruh atau pertimbangan yang cenderung merusak ketepatan berita dan melewati hukum atau kontrol ideologi kelompok politik atau ekonomi mana pun.

Arsip  Mitrokhin mengidentifikasi enam agen dan dua kontak KGB rahasia dalam Agence France-Presse yang digunakan dalam operasi Soviet di Prancis.

Pada 1991, AFP mendirikan usaha patungan dengan Extel untuk membuat layanan berita keuangan, AFX News dan dijual pada 2006 untuk Thomson Financial.

Pada Oktober 2008, pemerintah Prancis mengumumkan langkah untuk mengubah status AFP, terutama dengan mendatangkan investor luar. Pada  27 November tahun itu, serikat buruh utama diwakili dalam home base perusahaan Prancis-CGT, Force Ouvrière, Syndicat national des journalistes, Union syndicale des journalistes CFDT dan SUD, meluncurkan petisi online untuk menentang apa yang mereka lihat sebagai upaya untuk memprivatisasi badan.

Pada  10 Desember 2009, Menteri Kebudayaan Prancis, Frédéric Mitterrand mengumumkan bahwa ia mendirikan Komite Ahli di bawah mantan CEO AFP Henri Pigeat untuk mempelajari rencana untuk status badan di masa depan. Pada  24 Februari 2010, Pierre Louette tak terduga mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri sebagai CEO pada akhir Maret, dan pindah ke pekerjaan dengan France Telecom.  (AFP/wikipedia.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home