Loading...
MEDIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:31 WIB | Jumat, 07 Agustus 2015

Wartawan Rusia akan Diekstradisi ke Lithuania

Wartawan oposisi Rusia Andrey Nekrasov. (Foto: cyprus-mail.com)

SIPRUS, SATUHARAPAN.COM – Seorang wartawan oposisi Rusia yang ditahan di Siprus berdasarkan surat perintah penangkapan internasional yang dikeluarkan oleh Rusia akan dikirim kembali ke Lithuania, kata Menteri Dalam Negeri Socratis Hasikos, Kamis (6/8).

"Berdasarkan ketentuan Peraturan Dublin dan acquis communitaire Eropa, menteri dalam negeri telah memutuskan bahwa Mr (Andrey) Nekrasov harus dikembalikan ke Lithuania, di mana ia masuk melalui Uni Eropa," kata pernyataan tertulis.

"Prosedur kepulangannya telah diajukan dalam instruksi dari menteri dalam negeri."

Nekrasov, seorang wartawan oposisi muda Rusia, ditangkap di bandara Larnaca pada 15 Juli setelah kedatangannya dari Lithuania.

Dia datang ke pulau untuk liburan pendek dan tidak tahu ada surat perintah penangkapan internasional terhadap dirinya.

Nekrasov, yang telah mengajukan permohonan suaka, akan menghadapi persidangan di pengadilan pada 13 Agustus untuk sidang ekstradisi.

Pemeriksaan aplikasi suaka menunjukkan bahwa ia memasuki Uni Eropa melalui Lithuania, yang telah memberikan izin tinggal untuk Nekrasov sampai dengan bulan Mei 2016, kata pernyataan kementerian.

Peraturan Dublin menetapkan negara anggota bertanggung jawab untuk pemeriksaan permohonan suaka.

Untuk memohon suaka, Nekrasof harus memiliki rekomendasi dari pertimbangan keluarga, untuk kepemilikan baru-baru visa atau izin tinggal di negara anggota, apakah pemohon telah memasuki Uni Eropa secara tidak teratur atau teratur.

Nekrasov melarikan diri dari kota rumahnya di Ural Rusia pada bulan Maret, untuk melarikan diri dari penjara sehubungan dengan kegiatan jurnalisme dan aktivisme, menurut Reporters Without Borders.

Nekrasov, dari Izhevsk, ibu kota Republik Udmurt, terus menerus diburu oleh pihak berwenang karena aktivitasnya, termasuk kampanye untuk membela hak-hak pekerja di pabrik Izhmash.

CEO pabrik mengajukan keluhan dengan menuduhnya melakukan pemerasan pada tahun 2013, pada saat ia sedang menulis tentang tuntutan buruh.

Dia awalnya diperiksa sebagai saksi, tapi Layanan Keamanan Federal (FSB), memasukkannya dalam tahanan polisi dan mencoba Nekrasov membuat pengakuan, kata Wartawan.

Akibatnya, ia sekarang menghadapi tuntutan hingga 15 tahun penjara.

Pada bulan Februari, ia didenda 30.000 rubel (Rp 6,6 juta) dengan tuduhan pencemaran nama baik karena menghubungkan seorang pejabat lokal di partai berkuasa Rusia Bersatu dengan nama yang sama yang memiliki aset di Amerika Serikat.

Khawatir bahwa keyakinan ini akan digunakan sebagai keadaan yang memberatkan dalam kasus lain, ia melarikan diri negara itu. (cyprus-mail.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home