Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 09:49 WIB | Jumat, 08 Agustus 2014

WCC Ajak Gereja Sedunia Doakan Gereja Irak Utara

Dr Isabel Apawo Phiri, Pjs Sekum Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC). (Foto: oikoumene.org)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Dalam surat solidaritas terbuka  kepada gereja-gereja anggota Dewan Gereja Dunia (WCC) di Irak Utara, Dr Isabel Apawo Phiri, Pjs Sekum WCC mendorong diadakan doa untuk orang-orang Kristen, masyarakat gereja dan orang-orang di dataran Niniwe di Irak utara, serta wilayah sekitarnya.

Dalam surat yang diterbitkan pada Kamis (7/8), Phiri mengakui laporan yang memastikan pemindahan paksa dan pembunuhan tanpa pandang bulu orang Kristen, Yazidi dan anggota komunitas agama dan etnis lainnya di Irak oleh Khalifah Irak dan Suriah (Islamic State of Iraq and Syria/ISIS).

Phiri mengomunikasikan desakan WCC kepada Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon. ketika ia telah memintanya “untuk menjamin perlindungan fisik semua orang di sana dan dukungan untuk hak asasi manusia mereka, termasuk hak untuk kebebasan beragama”. Dia meminta gereja-gereja untuk terus mendukung rakyat Irak dalam doa dan advokasi.

“Gereja-gereja dan properti milik umat beragama sedang dinodai dan dihancurkan oleh ISIS, dan naskah kuno telah dibakar sebagai serangan terhadap keyakinan agama rakyat. Menurut Uskup Agung Khaldea Kirkuk dan Sulaymaniyah, Joseph Thomas, seluruh kota-kota di Irak Utara telah dikosongkan dari penduduk mereka, “kata Phiri.

Dia mengundang gereja-gereja untuk “bergabung dalam doa dan bersatu dalam tindakan untuk memulihkan komunitas-komunitas hancur, dan untuk membantu rakyat mereka.” (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home