Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 07:33 WIB | Sabtu, 10 Oktober 2020

WCC Sambut dan Rayakan Nobel Perdamaian 2020 untuk WFP

Bantuan pangan untuk mereka yang mengalami kelaparan. (Foto: WCC)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Dewan Gereja-gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) menyambut dan merayakan penghargaan Hadiah Nobel Perdamaian 2020 untuk Program Pangan Dunia PBB. “Kami mengucapkan terima kasih dan selamat kepada pimpinan dan setiap staf Program Pangan Dunia,” kata Rev. Prof. Dr Ioan Sauca, Sekretaris Jenderal Sementara WCC.

"Organisasi multilateral penting ini terdiri dari banyak orang yang berdedikasi, bekerja di wilayah paling terpencil dan paling rentan di dunia, yang terkena dampak konflik, bencana iklim, dan krisis ekonomi," kata pernyataan Sausa seperti dikutip di situs WCC, hari Jumat (9/10).

Kontribusi Program Pangan Dunia (World Food Programme/WFP) menjadi lebih penting dalam konteks pandemi COVID-19, karena jumlah orang yang menghadapi rawan pangan akut meningkat hampir dua kali lipat menjadi 265 juta pada 2020, dari 135 juta pada tahun2019.

“Orang beriman, yang berakar kuat di komunitas mereka, menyaksikan tanggapan heroik, pengorbanan, dan konsisten Program Pangan Dunia terhadap kelaparan, dan telah mendapat hak istimewa untuk melayani sebagai mitra dalam banyak konteks seperti itu,” kata Sauca.

Saat komunitas agama merayakan Pekan Aksi Gereja tentang Pangan, banyak yang menekankan keharusan moral untuk mengatasi kelaparan dan ketidakamanan pangan.

Pendanaan Berkurang

Namun, di banyak tempat, pendanaan yang dialokasikan untuk mendukung jutaan orang yang rentan yang membutuhkan bantuan penyelamatan sedang berkurang, karena kurangnya sumber daya atau perubahan prioritas.

“Orang-orang beriman berkomitmen untuk berdiri dan bertindak dengan Program Pangan Dunia, untuk melindungi mata pencaharian, kesejahteraan, dan makanan sehari-hari untuk semua orang, terutama bagi mereka yang mengalami kenyataan pahit kelaparan, selama masa-masa sulit ini,” kata Sauca.

“Kami berdoa untuk solidaritas di antara negara-negara di dunia agar dukungan seperti itu diberikan kepada komunitas yang paling terpinggirkan dalam setiap masyarakat.”

Selama Pekan Aksi Gereja tentang Pangan, yang dirayakan tahun ini dari 11-17 Oktober, WCC, Konferensi Kristen Asia, dan Konferensi Gereja Pasifik mengundang semua orang yang berkehendak baik untuk menghadiri layanan doa online pada 16 Oktober, pada Hari Pangan Dunia (World Food Day), di berbagai daerah.

Kebaktian di Pasifik akan diadakan di Suva, Fiji pada pukul 10:00 pagi (waktu setempat). Di Asia, kebaktian akan diadakan pada pukul 11:00 (waktu Bangkok), dan di Afrika, Amerika dan Eropa, kebaktian akan diadakan pada pukul 16.30 (waktu Eropa Tengah).

Pertemuan akan melibatkan para pemimpin dari wilayah masing-masing dan refleksi akan disampaikan oleh Sofía Monsalve Suarez, sekretaris jenderal FIAN International.(oikoumene.org)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home