Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:25 WIB | Jumat, 06 November 2020

WHO Peringatkan Ledakan Virus Corona di Eropa

Petugas medis merawat pasien di unit sementara COVID-19 untuk ventilasi non-invasif di rumah sakit "Reseau hospitalier neuchatelois (RHNe)" selama wabah penyakit akibat virus corona (COVID-19), di Neuchatel, Swiss, hari Kamis (5/11/2020). (Foto: AFP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Eropa pada hari Kamis (5/11) mengatakan mereka melihat "ledakan" kasus virus corona di kawasan Eropa dan memperingatkan angka kematian juga meningkat.

"Kami benar-benar melihat ledakan.... dalam arti hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengalami peningkatan satu juta kasus di kawasan Eropa," kata direktur regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge, kepada AFP.

Dan sementara angka kematian juga terlihat meningkat "sedikit demi sedikit", kata Kluge mengingatkan bahwa menutup sekolah harus dilihat sebagai upaya terakhir.

"Kami harus benar-benar menjaga sekolah tetap buka sampai yang terakhir, karena kami tidak mampu membayar COVID-19 bagi generasi yang hilang," kata Kluge.

Namun direktur regional itu juga mengatakan bahwa "status quo bukanlah pilihan," dan menyerukan "tindakan yang menargetkan secara proporsional," yang dapat ditingkatkan.

Kluge menekankan bahwa pemerintah harus mempertimbangkan dua hal: "koherensi, sehingga orang melihat bahwa kita tidak berubah-ubah, dan... prediktabilitas, sehingga orang tahu jika ambang batas ini terlewati, inilah yang akan terjadi."

Dia juga menyerukan penggunaan masker wajah secara luas. "Dengan memakai masker di tempat  umum dan pengawasan ketat atas pertemuan sosial, kami dapat menyelamatkan 266.000 nyawa pada Februari di seluruh wilayah Eropa," kata Kluge.

WHO Eropa mencakup 53 negara, termasuk Rusia dan negara-negara di Asia Tengah, dan pada hari Kamis melaporkan total lebih dari 12 juta kasus yang tercatat di wilayah tersebut, dengan hampir dua juta tambahan hanya dalam tujuh hari terakhir. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home