Loading...
SAINS
Penulis: Putu Ayu Bertyna Lova 20:15 WIB | Selasa, 07 Mei 2013

Windows 8 Terjual 100 Juta Unit

Tampilan Windows 8 (dok: searchengineland)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Windows 8 telah terjual lebih dari 100 juta kopi dalam enam bulan pertama. Hal ini dikatakan oleh Windows Divisi Chief Marketing Officer dan Chief Financial Officer, Tami Reller.

Windows 8 merupakan program komputer terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Windows 8 hadir dengan tampilan yang berbeda dengan tujuh program sebelumnya. Tujuh program Windows sebelumnya menampilkan program yang dibutuhkan dalam bentuk list. Sedangkan windows 8 mengambil format tampilan gambar, untuk program yang dibutuhkan pengguna. Windows 8 juga melengkapi programnya kali ini dengan tambahan aplikasi seperti aplikasi musik, foto, cuaca, kalender, dll.

The Post menegaskan bahwa Windows Blue Update akan tersedia di akhir tahun ini. Layanan ini juga berfungsi sebagai kesempatan bagi Microsoft untuk "menanggapi umpan balik pelanggan," bahwa tidak ada yang perlu diragukan lagi dari perusahaan ini. Hal ini merupakan komitmen Windows, sejak Windows 8 dirilis.

Windows 8 bukanlah satu-satunya nomor yang diperhitungkan. Perusahaan mengklaim bahwa jumlah aplikasi di Windows Store telah meningkat enam kali sejak diluncurkan. Ada 250 juta aplikasi download, dan sekitar 90 persennya bisa didownload setiap bulan.

Layanan Microsoft Cloud juga mengambil tempat penting, dengan mengklaim 250 juta pengguna SkyDrive, 400 juta pengguna Outlook.com aktif, dan 700 juta aktif Account Microsoft. Transisi dari Hotmail ke Outlook.com baru saja selesai dilakukan. Sekarang semua pengguna Hotmail, menggunakan e-mail platform yang baru. Aplikasi diluncurkan beberapa minggu lebih cepat dari jadwal.

Ini adalah ketiga kalinya Microsoft berbicara tentang berapa banyak unit Windows 8 telah terjual. Di bulan pertama, 40 juta unit Windows 8 terjual. Sebulan kemudian naik menjadi 60 juta. Kemudian penjualan melemah sejak itu, dengan hanya 40 juta kopi terjual dalam empat bulan terakhir. Hal ini tidak biasa, lonjakan penjualan awal telah terlihat sebelum leveling off.

Apakah ini merupakan kabar baik, atau kabar buruk? Pencela Microsoft pasti akan menunjukkan bahwa Windows 7 mengambil pangsa pasar lebih cepat, dengan demikian Windows 8 adalah kegagalan. Sedangkan pendukung perusahaan akan menunjukkan titik balik, bahwa Windows 8 mengutamakan konsumen. Dan bisnis masih dalam proses migrasi, dari 11,5 tahun Windows XP menuju ke Windows 7. Perusahaan bergerak lambat, seolah hampir tidak mungkin untuk membiarkan sistem operasi baru dirilis dan mengganggu rencana transisi mereka.

Pada bagian ini, Microsoft yang diwakili oleh Reller, memilih optimis tentang angka. Microsoft menekankan bahwa Windows 8 merupakan perubahan besar dan menjelaskan bahwa perubahan besar membutuhkan waktu. Reller juga mengatakan bahwa PC masih sangat dibutuhkan, dan merupakan bagian pasar yang lebih luas dari tablet serta tradisional PC.

Angka 100 juta tersebut, menunjukkan bahwa PC belum mati. Tingkatan 10 juta unit per bulan tidak terlalu buruk. IPad, yang menurut para pendukungnya akan membawa akhir dari PC, yang merupakan akhir dari Windows, terjual 6,5 juta unit per bulan pada kuartal terakhir. Angka itu lebih rendah dari jumlah penjualan Windows 8, seperti yang diberitakan oleh Ars Technica.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home