Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben Ezer Siadari 10:43 WIB | Sabtu, 13 Desember 2014

Yahoo! Hentikan Operasi di Indonesia, 50 Karyawan Di-PHK

Tampilan Yahoo! Indonesia (Foto: Istimewa)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM - Yahoo! dilaporkan menghentikan operasi sejumlah kantornya di negara-negara Asia, termasuk di Indonesia, dengan alasan restrukturisasi dan perampingan organisasi. Selanjutnya, Yahoo! untuk Asia akan beroperasi dari Singapura.

“Kami berterima kasih kepada karyawan di Indonesia dan Malaysia untuk komitmen mereka dan untuk kerja keras serta kontribusi mereka kepada Yahoo! selama bertahun-tahun," demikian pernyataan jurubicara Yahoo yang dilansir oleh Majalah Campaign Asia Pacific, yang pertama kali melansir berita ini di situs resminya.

Selain di Indonesia, Yahoo! menutup kantor perwakilannya di Vietnam dan Malaysia. Menurut Campaign Asia-Pacific, penutupan kantor tersebut efektif berlaku mulai akhir tahun. Untuk Indonesia, kantor Yahoo! menghentikan operasi terhitung sejak tanggal 14 Desember.

Yahoo! pertama kali membuka kantor representatifnya di Ho Chi Minh City pada 2007, lalu mendirikan perseroan terbatas Yahoo! Vietnam pada Agustus 2008.

Perusahaan itu kemudian pindah ke kantor permanen pada 2010.

Kantor Yahoo! Vietnam sudah berhenti beroperasi pada kuartal ketiga tahun ini, sedangkan untuk Indonesia dan Malaysia, menurut Techcrunch, sebuah situs yang memfokuskan dari pada IT, kantor Yahoo! efektif menghentikan operasi mulai 14 Desember ini.

Campaign Asia Pacific mengatakan pihaknya telah mendapat konfirmasi dari juru bicara Yahoo perihal penutupan operasi ini.

“Kami telah memberitahu para karyawan kami di Indonesia dan Malaysia bahwa kami telah membuat keputusan sulit menghentikan operasi akhir tahun ini," kata seorang perwakilan Yahoo!, dikutip oleh Campaign Asia Pacific.

“Keputusan ini merupakan bagian dari upaya perampingan operasi global, yang akan membantu kami melakukan eksekusi lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak efisiensi, kolaborasi, dan inovasi."

Juru bicara Yahoo! juga mengungkapkan penghentian operasi itu membawa konsekuensi pemberhentian sejumlah karyawan. Ada pun karyawan kunci tetap dipertahankan dan direlokasi ke Singapura, yang akan menjadi kota penghubung operasi Yahoo! di Asia.

Menurut sumber Techcrunch, Yahoo! mem-PHK 25 karyawan di Vietnam, 50 di Indonesia, dan 15 di Malaysia.

Langkah Yahoo! ini diambil di tengah semakin gencarnya upaya sejumlah merek media sosial  terkenal menggarap pasar yang sama.

Yahoo! mengharapkan dapat mencatat pendapatan US$ 700 juta dari pasar Asia pada 2014, turun dari US$ 1 miliar pada 2009.

 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home