Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 08:23 WIB | Kamis, 11 Agustus 2016

10 Kloter Jemaah Haji Mendarat di Madinah

Petugas sedang membantu jemaah haji naik ke kursi roda saat keluar dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah (Foto: kemenag.go.id)

MADINAH, SATUHARAPAN.COM – Kepala Daker Airport Madinah Nurul Badruttamam mengatakan hingga hari kedua 10 kelompok terbang (kloter) jemaah haji mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dengan berjalan lancar.

“Sampai hari ini pukul 08.00 tadi sudah ada 10 Kloter mendarat mengangkut 4.111 jemaah haji dari beberapa embarkasi di Indonesia,” kata Nurul di Media Center Haji (MCH) hari Rabu (10/8).

Menurutnya mereka telah bertolak dari embarkasi sejak hari Selasa kemarin dengan pesawat Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines. Data Siskohat menyebutkan sebanyak 17 kloter telah diberangkatkan dari Tanah Air hingga siang ini.

Pada kesempatan yang sama Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis menjelaskan paling tidak ada tiga hal yang dilakukan jemaah haji saat mendarat di bandara. Pertama proses imigrasi dan pengecekan visa, disini jemaah harus melakukan pengecekan sidik jari. Kedua keluar melalui pintu pemeriksaan, seluruh barang bawaan masuk pemindai barang menggunakan sinar x. Ketiga menuju ruang tunggu dan selanjutnya menuju pemondokan dengan bis.

Menurutnya proses tersebut memakan waktu sekitar dua jam. "Selama perjalanan menuju hotel, dokumen paspor jemaah haji dikumpulkan oleh petugas dan simpan. Hal ini dilakukan guna menjaga keamanan dokumen jemaah selama di Saudi,” kata dia seperti dikutip kemenag.go.id.

Pemeriksaan terhadap barang bawaan jemaah merupakan bagian tak terpisahkan dari proses imigrasi oleh petugas Saudi Arabia. Agar proses lancar dihimbau jemaah memastikan kelengkapan dokumen seperti paspor dan visa serta tidak membawa barang yang dilarang oleh Pemerintah Saudi Arabia, seperti obat-obatan atau rokok secara berlebihan.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home