Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 11:22 WIB | Selasa, 09 Agustus 2016

Menag Berpesan Jemaah Haji Jaga Kesehatan di Arab Saudi

Ketua Komite III DPD RI, Hardi Hood (paling kiri), Menteri Agama, Lukman Hakim Saefuddin (tengah), dan Wakil Ketua Komite III DPD RI, Fahira Idris (paling kanan) saat melakukan penandatanganan kesimpulan Rapat Dengar Pendapat antara Komite III DPD RI dan Kementerian Agama, hari Selasa (26/1) di Ruang Rapat Komite III Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Jakarta. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin berpesan kepada jemaah yang akan menunaikan ibadah haji di Arab Saudi agar menjaga kesehatan.

“Pertama adalah agar jamaah menjaga kesehatan,” kata Lukman saat melepas keberangkatan jamaah calon haji kelompok terbang pertama Jakarta-Pondok Gede di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, hari Selasa (9/8).

Menurut Lukman, kesehatan merupakan modal penting bagi setiap jemaah haji, karena cuaca di Arab Saudi diperkirakan lebih panas dibandingkan dengan di Indonesia.

Ia mengatakan jamaah mesti cerdas dalam membawa diri dengan menjalankan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, meminum air dalam cukup dan melakukan aktivitas seperlunya sehingga tidak menguras tenaga supaya bisa menjalankan setiap prosesi ibadah haji dengan baik.

Lukman berpesan kepada jemaah agar benar-benar mempelajari manasik haji dan memprioritaskan pelaksanaan rukun dan wajib haji karena dia melihat kecenderungan jemaah seringkali memaksakan melakukan kegiatan yang bukan rukun dan wajib haji.

“Kloter pertama ini baru sebulan lagi akan wukuf di Arafah. Haji adalah wukuf puncaknya, maka sebelum wukuf jangan banyak terforsir,” kata dia.

Selanjutnya, dia berpesan kepada jemaah agar menaati peraturan yang ada serta arahan ketua regu dalam rombongan kelompok terbang dan petugas haji.

Di samping itu Lukman berpesan kepada jemaah supaya menjaga nama baik Indonesia karena pada hakikatnya jemaah haji adalah duta bangsa yang menyandang nama Indonesia.

“Warga dari berbagai belahan dunia ke Tanah Suci dan melihat jemaah Indonesia,” kata dia.

Terakhir, Lukman mengatakan kepada jemaah agar selalu berdoa untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan dan bangsa Indonesia agar selalu dapat keluar dari persoalan-persoalan dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.  (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home