Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 08:11 WIB | Minggu, 22 Februari 2015

10 Tahun, YouTube Luncurkan Video-video Terpopuler

Logo YouTube. (Sumber: wikipedia.org)

SATUHARAPAN.COM – Diluncurkan pada Valentine 2005,  situs berbagi video YouTube menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sosial kita. Pada ulang tahun ke-10, YouTube meluncurkan kolase video-video terpopuler. Gangnam Style dan Baby  diputar hingga lebih dari 1 miliar.

Namun, objek video yang ditampilkan tidak berubah, hal-hal lucu seperti kucing, musik, anak-anak yang bertingkah lucu, dan meme populer seperti Bucket Challenge atau Literal Video.

Tentu saja Gangnam Style yang diluncurkan 2012 dinyanyikan musikus Korea Selatan Psy dan Baby yang diluncurkan pada 2010 dan dinyanyikan Justin Beiber menjadi video terpopuler dengan hits lebih dari semiliar. Yang lain, seperti Charlie Bit Me yang mencapai 811 juta, atau yang pada 12 Februari lalu diluncurkan Missy Elliot tribute from Alyson Stoner yang mencapai 12 juta hit, menjadi video yang meng-impresif.

 


Kolase video 10 tahun YouTube

Tiga Karyawan Paypal

YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.

Menurut cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar bahwa ide YouTube tercetus setelah pesta makan "tampaknya diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna konsumen".

YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.

Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini. (usatoday.com/wikipedia.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home