Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 00:00 WIB | Jumat, 31 Januari 2014

12 Tokoh Alkitab Terpopuler untuk Nama Anak Laki-Laki

Nama akan menjadi sebuah doa bagi anak-anak (Foto: dari sheknows.com)

SATUHARAPAN.COM – Nama tokoh Alkitab sangat populer digunakan bagi anak laki-laki, fenomena ini makin meningkat dalam beberapa tahun belakangan. Dari 12 nama yang sering digunakan oleh anak laki-laki, delapan tokoh dari Perjanjian Lama, tiga tokoh dari Perjanjian Baru, dan satu tokoh ada di keduanya. Maknanya, nama-nama tesebut memiliki arti yang mendalam, dan akan menjadi sebuah doa bagi anak laki-laki kemanapun melangkah. Berikut 12 nama tokoh Alkitab yang paling sering digunakan bagi anak laki-laki di Amerika Serikat adalah:

Jacob (Yakub)

Yakub, nama ini menjadi nama yang paling populer dan menduduki peringkat pertama selama lebih dari satu dekade di Amerika Serikat. Bagi para orang tua nama ini memiliki daya tarik yang cukup luas, salah satunya adalah sosok Yakub yang jujur dan penuh kehangatan. Dalam Perjanjian Lama, Yakub merupakan salah satu leluhur bagi bangsa Israel, ia adalah putra bungsu dari Ishak dan Ribka serta saudara kembar dari Esau. Ia juga merupakan suami dari Lea dan Rahel.

Ethan (Etan)

Etan menjadi nama yang semakin naik polaritasnya. Sering digunakan setelah munculnya tokoh Ethan Hunt yang diperankan oleh Tom Cruise dalam film Misson Impossible. Dalam Perjanjian Lama, Etan diceritakan memiliki watak yang bijaksana. Dia adalah penulis dari Mazmur 89 dan telah menjadi pemain simbal di istana Raja Daud.

Noah (Nuh)

Nuh adalah tokoh yang paling akrab bagi anak-anak, tokoh ini terkenal dengan “Bahtera Nuh”. Nuh dipilih Allah untuk bertahan dari musibah air bah karena kebenarannya, sebuah nama yang terhormat. Nuh disebutkan telah menjadi ayah dari tiga anak pada usia 100 tahun. Dan yang lebih mengesankannya lagi, ia hidup hampir 1.000 tahun.

Michael (Mikhael)

Mikhael adalah tokoh malaikat yang penting dalam agama Kristen, Yahudi, dan Islam. Dalam Kitab Daniel, ia disebutkan sebagai pembela bangsa Yahudi, dan dalam perjanjian baru ia memimpin tentara Allah dalam mengalahkan setan. Michael dan Gabriel (Mikael & Jibril) menjadi satu-satunya malaikat yang disebutkan dalam Al-Quran. Mikael telah menjadi nama yang populer selama 70 tahun.

Daniel (Daniel)

Kisah Daniel di kandang singa menjadi salah satu kisah yang paling akrab bagi anak-anak dalam Alkitab. Daniel dikatakan sebagai seorang nabi yang visioner. Daniel memiliki kitab sendiri dalam Alkitab, ia sangat di hormati dalam agama Kristen, Yahudi, dan Islam. Nama Daniel banyak digunakan bagi nama anak laki-laki di Amerika Serikat, meskipun kini nama Daniel berada di luar peringkat sepuluh.

Matthew (Matius)

Matius menjadi nama populer bergaya klasik. Injil Matius dalah kitab pertama dalam Perjanjian Baru. Matius adalah salah satu dari empat penginjil dan 12 murid Yesus, ia juga menjadi saksi kebangkitan dan kenaikan Yesus Kristus. Sejak awal 1970 an nama ini berada dalam jajaran peringkat sepuluh besar. Namun, karena kini peminat nama ini telah menurun, nama ini merosot ke peringkat 12.

Elijah (Elia)

Nama Elia merupakan pendatang baru dari perjanjian lama dalam jajaran nama tokoh Alkitab yang sering digunakan bagi anak laki-laki. Kini nama tokoh ini telah berhasil berada di peringkat 13, setelah pada tahun 1960 an berada di peringkat 689. Dalam kitab Raja-Raja nama Elia adalah mukjizat yang membangkitkan orang mati, hujan api dari langit, dan naik dalam angin badai.

James (Yakobus)

Ada dua tokoh bernama Yakobus dalam Perjanjian Baru, Yakobus yang Adil atau yang sering disebutkan sebagai saudara tiri atau saudara sepupu Yesus, dan Yakobus Agung, rasul yang merupakan anak Zebedeus dan menjadi Santo pelindung Spanyol. Nama Yakobus menjadi salah satu nama anak laki-laki klasik yang paling modis saat ini, kepopularitasan hampir sama dengan nama Yakub.

Benjamin (Benyamin)

Benyamin adalah pendiri salah satu dari 12 suku israel. Nama putra bungsu dari Yakub dan Rahel ini menjadi favorit sejak tahun 1970an. Termasuk nama presiden Amerika Serikat, Benjamin Franklin, dan penulis anak, Benjamin Spock. Dua pasangan super star, Gisele Bundchen-Tom Brady dan John Travolta-Kelly Preston pun tidak ketinggalan, mereka menamai anaknya Ben.

Joshua (Yosua)

Yosua, seorang tokoh Perjanjian Lama yang memimpin bangsa Israel untuk memenangkan pertempuan Yeriko dan mencapai “Tanah Perjanjian”. Penggunaan nama ini mulai populer pada tahun 1960 dan 1970 an. Ada banyak ayah muda bernama Josh, namun nama Yosua sendiri masih ada di peringkat ke 17. Dalam Alkitab, Yosua diperintahkan menjadi penerus Musa.

Andrew (Andreas)

Andreas adalah nama dari santo pelindung Skotlandia, Rusia, dan Yunani. Ia menjadi seorang nelayan pertama yang dipilih oleh Yesus. Kepopuleran nama ini telah merosot ke peringkat 18. Nama ini akrab sekali dengan seniman Wyeth dan Warhol. Andy dan drew adalah bentuk singkat dari nama ini.

David (Daud)

Daud adalah model peran inspirasional yang baik bagi anak laki-laki. Ia berhasil mengalahkan raksasa Goliat dengan ketapelnya. Ia juga merupakan raja yang adil dan benar serta seorang penyair dan pecinta musik. Kebintangan tersebut membuat Daud menjadi nama yang spesial bagi kebudayaan Yahudi. Nama Daud berada di peringkat 19 dalam daftar nama tokoh Alkitab yang populer digunakan bagi anak laki-laki di Amerika Serikat. (huffingtonpost.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home