Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 17:00 WIB | Sabtu, 28 Juni 2014

14 Tahun Terakhir Cile Tak Mampu Kalahkan Brasil

Bagan fase gugur Piala Dunia 2014. (Foto: dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Dalam 14 tahun terakhir, Cile tidak pernah bisa mengalahkan Brasil. Pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, dalam babak 16 Cile dikalahkan Brasil 3 gol tanpa balas.

Malam ini kedua kesebelasan akan bertemu kembali di level yang sama dalam babak 16 besar Piala Dunia 2014 di Estadio Mineirao, Belo Horizonte Brasil, Sabtu (28/6) pukul 23.00 WIB.

Yang membedakan, Cile datang dengan membawa pemain yang memiliki determinasi dalam umpan-penguasaan bola yang merata. Konsekuensinya, tim lawan akan kerepotan menahan serangan sepanjang waktu pertandingan apalagi mengalahkan Cile.

Belanda di fase grup bisa mengalahkan Cile, akibat pemain Cile keasikan menyerang hingga lupa menutup lini pertahanannya. Dan mereka lupa yang dihadapi adalah Belanda yang memiliki penyerang sayap dengan pergerakan yang cepat.

Pada fase knock out, Cile tentu akan belajar dari kesalahan sebelumnya. Tim yang mereka bawa adalah tim yang sudah merasakan kerasnya piala dunia 2010, dan saat ini sedang dalam performa terbaiknya.

Brasil, sejauh ini belum menampilkan permainan yang impresif. Mengalahkan Kroasia dan Kamerun dengan skor yang cukup telak tidak bisa dijadikan ukuran keberhasilan Brasil memainkan pola khasnya: jogo bonito.

Justru yang terjadi, Brasil kerepotan ketika menghadapi Mexico. Masih banyak celah yang bisa ditembus lawan. Dan terlebih lagi ditempatkan sebagai unggulan yang akan memenangi piala dunia serta posisi sebagai tuan rumah justru menjadi beban yang sangat berat yang harus dipikul tim Brasil.

Statistik head to head kedua kesebelasan hanya akan menjadi deretan angka, ketika Cile tampil dengan ciri khasnya, menyerang sepanjang pertandingan.

Jika Brasil tidak belajar banyak dari pertemuan mereka dengan Mexico, mereka hanya akan jadi penonton setelah pertandingan ini. Selebihnya, dengan disiplin dalam pertahanan, Cile lebih bisa bermain bebas.

Pertandingan yang beraroma prestis dan kehormatan/harga diri sebagai yang terbaik di daratan amerika latin akan memotivasi pemain Cile untuk memenangkan pertandingan yang itu artinya satu tempat di perempat final.

 

Perkiraan susunan pemain:

Brazil (4-2-3-1): Julio Cesar; Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo; Luiz Gustavo, Paulinho; Hulk, Neymar, Oscar; Fred

Cile (4-3-3): C. Bravo; M. Isla, Gary Medel, G. Jara, E. Mena; Marcelo Diaz, Arturo Vidal, J. Valdivia; A. Sanchez, M. Pinilla, E. Vargas


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home