Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 19:48 WIB | Rabu, 26 Oktober 2016

1,5 Juta Pria Saudi Beristri Lebih dari Satu

Foto ilustrasi (Ist)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM - Otoritas Statistik Umum Arab Saudi mengungkapkan bahwa lebih dari setengah juta orang Saudi menikah dengan lebih dari satu istri, menurut laporan surat kabar setempat, Makkah, dan situs berita setempat, Saudi Gazette.

Konsultan keluarga dan pernikahan di Arab Saudi, Mansour Al-Duhaiman, mengatakan ada berbagai alasan yang menyebabkan pria menikah dengan lebih dari satu istri.

"Beberapa pria melakukannya karena alasan agama, yang lain melakukannya karena mereka berusaha untuk memenuhi kebutuhan seksual, emosional, intelektual dan sosial yang tidak terpenuhi dalam pernikahan pertama mereka. Beberapa orang lain melakukannya karena mereka tidak mendapatkan rasa hormat dan penghargaan dari pernikahan mereka,  dan beberapa orang melakukannya karena istri pertama mungkin memiliki masalah kesehatan atau tidak subur," kata Al-Duhaiman, seperti dilaporkan Saudi Gazette.

Konsultan keluarga dan pernikahan itu juga mengatakan alasan lain yang mendorong seorang pria menikah lebih dari satu istri, termasuk orang yang berasal dari keluarga di mana poligami adalah umum. Pria itu mungkin ditekan oleh masyarakat untuk mengambil istri kedua, atau pria menikah dengan pasangan hidup lain hanya untuk ‘’membual’’ tentang kejantanan.

"Istri pertama mungkin akan terpengaruh secara negatif. Harga dirinya dapat terluka dan dia tidak diperlakukan secara sama dengan istri kedua. Istri pertama mungkin mengalami keraguan pada diri mereka, dan mungkin merasa gagal. Dia mungkin merasa kesal setiap kali suaminya mengabaikannya dan anak-anaknya," kata Al-Duhaiman.

Sumber otoritas statistik, seperti dilaporkan Saudi Gazette, mengatakan bahwa data yang dikeluarkan juga menunjukkan bahwa laki-laki menikah yang berusia 15-19 tahun belum terlibat dalam pernikahan poligami.

Sumber tersebut mengatakan bahwa 869 pria berusia antara 20-24 tahun memiliki dua istri; 4.941 dari orang-orang pada kelompok usia 25-29 memiliki dua istri, dan 505 dari mereka memiliki lebih dari dua istri.

Data statistik itu juga mengungkapkan bahwa 18.246 pria berusia 30-34 memiliki dua istri, dan 539 dari mereka memiliki lebih dari dua istri. Sedangkan 30.600 pria berusia 35-39 memiliki dua istri dan 2.668 dari mereka memiliki lebih dari dua istri.

Sumber itu juga mengatakan bahwa sebagian besar pria yang memiliki dua istri adalah kelompok usia  45-49 tahun.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home