Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:13 WIB | Senin, 22 Juni 2015

187 Kapal Ro-Ro Siap Seberangkan Pemudik

Ilustrasi kapal roro. (Foto: dephub.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 187 Kapal Ro-ro, siap melayani masyarakat yang akan melakukan mudik pada masa Lebaran tahun 2015 ini.

Kapal Ro Ro yang tersedia untuk melayani 8 lintasan penyeberangan utama. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan ketersediaan kapal tahun 2014 lalu yang hanya 174 kapal.

Hal tersebut, disampaikan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono saat Konferensi Pers Kesiapan Pemerintah di Bulan Ramadan dan Penjelasan Hari Raya Idul Fitri 2015, di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jumat (19/6).

Ia juga memastikan, kapal-kapal yang akan beroperasi selama musim angkutan lebaran layak berlayar. Karena pihaknya selalu mendapatkan laporan docking masing-masing kapal. Karena, jika tidak memenuhi persyaratan maka kapal tersebut tidak diperbolehkan beroperasi.

Pada masa lebaran 2015 ini, diperkirakan 3.747.762 orang akan menggunakan kapal Ro Ro di delapan lintasan penyeberangan utama. Jumlah ini mengalami peningkatan 3,58 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 3.618.245 orang.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, telah mengeluarkan instruksi kepada para pemilik kapal, untuk menyelesaikan masa docking sebelum masa angkutan lebaran 2015 ini. Karena kapal yang boleh beroperasi di masa angkutan Lebaran harus benar-benar layak operasi.

Juga telah diinstruksikan kepada perusahaan penyeberangan, untuk menyiapkan kapal cadangan di beberapa pelabuhan, untuk mengantisipasi bilamana terjadi lonjakan penumpang di luar dugaan atau sebagai pengganti bila mana ada kapal yang mengalami masalah.

‘’Kapal-kapal penyeberangan sudah siap 100 persen, untuk dioperasikan pada masa angkutan mudik lebaran. Saya sudah instruksikan kepada pemilik kapal untuk tidak melakukan docking pada masa itu. Bahkan ada beberapa kapal yang dipercepat docking-nya,’’ kata Eddy Gunawan Direktur Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan usai konferensi pers.

Belum lama ini, pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi secara maksimal terkait pelayanan angkutan lebaran dengan para pemangku kebijakan di lintasan Merak Bakauheuni. Fokus bahasan adalah berbagai persiapan mulai dari kesiapan pelabuhan, dermaga, kapal hingga fasilitas pendukung lainnya.

Sebanyak 53 kapal, sudah siap untuk melayani penyeberangan di lintasan Merak Bakauheuni pada musim mudik lebaran nanti.

‘’Dengan manajemen traffic yang bagus dipastikan tidak akan terjadi penumpukan orang, kendaraan roda dua maupun empat di pelabuhan dan kekosongan kapal di dermaga,’’ kata Eddy. (dephub.go.id)

Editor : Bayu Probo

Ikuti berita kami di Facebook

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home