Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:33 WIB | Sabtu, 20 Juni 2015

Mudik, Kemenhub Intensifkan Pengawasan Angkutan Lebaran

Ilustrasi: Satu keluarga mudik menggunakan kendaraan sepeda motor. (Foto: Dok.satuharapan.com/Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah peningkatan pengawasan angkutan Lebaran dengan beberapa upaya. Di antaranya, bekerja sama dengan beberapa kementerian dan memperpanjang pelaksanaan angkutan Lebaran.

“Kami sudah evaluasi bersama PU (Kementerian Pekerjaan Umum) dan polisi serta Menhub. Kita sudah menetapkan pelaksanaan angkutan Lebaran H-15 dan H+9. Jadi dari tanggal 2 Juli sampai 27 Juli, kalau dulu selama 15 hari, kini diperpanjang sekitar 26 hari,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Djoko Sasono dalam konferensi pers "Kesiapan Puasa dan Lebaran" di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat (19/6).

Dia juga menuturkan telah melakukan persiapan dengan mengatur penumpukan kendaraan di titik tertentu dan mengatur kendaraan pengangkut barang.

Selain itu, pemerintah juga telah memberikan penawaran menarik yaitu berupa mudik gratis kepada pemudik sepeda motor. Dalam mudik gratis ini, Kemenhub telah menyediakan bus untuk pemudik dan truk untuk mengangkut sepeda motornya.

Kemenhub memperkirakan pemudik tahun 2015 ini meningkat dua persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Ada sekitar 20 juta pemudik tahun ini yang menggunakan lima moda transportasi baik melalui jalur darat, laut, dan udara,” kata dia.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home