Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 10:42 WIB | Senin, 22 Juni 2015

HUT DKI: Ahok Sampaikan Keberhasilan Jakarta

Basuki Tjahaja Purnama (kelima dari kiri) dan Djarot Saiful Hidayat (kedelapan dari kiri) berfoto bersama dalam perayaan ulang tahun ke-488 DKI Jakarta. (Foto: Francisca CR)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – DKI Jakarta pada Senin (22/6) genap memasuki usia 488 tahun. segenap jajaran PNS DKI dan anggota DPRD DKI memperingatinya dengan menggelar upacara HUT DKI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Sejak pukul 07.00 WIB, ratusan PNS berkumpul di lapangan eks IRTI mengenakan pakaian adat Betawi.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai inspektur upacara mengenakan pakaian adat Betawi berwarna hitam mengucapkan selamat ulang tahun untuk ibu kota yang tahun ini kepemimpinannya berada di tangannya.

Ahok datang didampingi Veronica Basuki Tjahaja Purnama, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat beserta istri Happy Djarot Saiful Hidayat.

Dalam sambutannya, Ahok mengatakan Jakarta kebanggaannya terhadap Jakarta  dan merasa terharu karena dapat memimpin Jakarta yang heterogen. Banyak hal diungkapkan sebagai bentuk keberhasilan DKI.

“Sebetulnya saya menduga, saya butuh waktu satu tahun untuk menyesuaikan, untuk bisa pikiran-pikiran saya diselami oleh PTSP,” ujar Ahok di lapangan Monas.

Keberhasilan yang dapat dibanggakan ialah sistem PTSP. PTSP dikatakannya seperti calo yang mengurusi semua urusan kota Jakarta tanpa minta upah dari masyarakat.

“Saya sangat senang, ada satu lurah beralih jadi kepala satlak PTSP. Beliau bisa menangkap dengan jelas, yang perlu kita banggakan itu adalah pelayanan,” katanya.

Keberhasilan lain yang diungkap Ahok selama kepemimpinannya adalah dibangunnya rumah sakit tipe D.

“Satu hal yang ingin saya lakukan juga adalah rumah sakit tipe D di tingkat kecamatan.  Karena kita tidak ingin orang yang ekonominya susah, kalau dia ke lokasi yang jauh, biaya transport, biaya makan minumnya jadi masalah,” ujar Ahok.

“Kita juga akan mencanangkan di tahun ini, bagaimana rumah sakit kita, bukan hanya mau kita tambah kamarnya, tapi juga memberikan pelayanan ketuk pintu melayani dengan hati. Kita ini ada preventif dan promotif,” Ahok menambahkan.

Dari sisi pendidikan, Ahok mengungkapkan keberhasilan Jakarta menerapkan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

KJP tahun ini diharapkan tak salah sasaran karena tabungan tak bisa ditarik kontan. Selain itu setelah Lebaran nanti akan ada pameran buku khusus untuk anak sekolah.

“Guru-guru akan didorong untuk membawa anak-anak membeli perlengkapan sekolah dengan sistem debet di pameran buku,” kata Ahok.

Bersamaan dengan HUT DKI diluncurkan pula 20 unit bus gandeng merek Scania dari Swedia serta bus pariwisata dan ambulance sumbangan dari Coca Cola.

Datang pula dalam HUT DKI Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dan Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian.

Editor : Bayu Probo

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home